Laman

Jumat, 17 Oktober 2014

Siomay Bandung

Iseng ubek-ubek foto eh nemu foto siomay, masaknya sudah agak lama sih tapi mau saya share disini.
Awalnya gara-gara ada salah satu teman (Ellin) di Berau yg cerita ngidam kulit pangsit, dan kebetulan suaminya dinas di Samarinda. Tapi karena takut suaminya salah beli akhirnya Ellin minta tolong siapa tau saya ada teman yang tinggal di Samarinda dan bisa dititipi beli kulit pangsit. Kalau bikin sendiri sih ya males banget :p 

Alhamdulillah Dina (mak Maysa) berbaik hati mau belikan dan sekalian ketemu suaminya Ellin untuk titip perlengkapan Kelas Edukasi AIMI di Berau.


Setelah kulit pangsit sampai Berau dengan salamat yang kebetulan kalau saya sangat kepingin makan siomay Bandung yang ala gerobakan. Di Berau ada sih yang jual siomay tapi lucunya tidak pakai kulit pangsit bahkan yg lebih lucu kalau batagor itu ya siomaynya yg digoreng dan tahu digoreng. Saat saya tanya ko batagornya begink, "kan sama aja bu kalau kita buat tahu diisi adonan nanti dipotong pisah juga" *gubrakkkk*

Kalau resep saya biasa pakai resepnya NCC,  rasanya pas dan dari 500gr daging ikan tenggiri jadinya banyak sekali. Baru tiga hari siomaynya habis padahal sudah kirim tetangga, dibawa ke kantor papap, bekal Hanif Haura :) 

Bahan :
500 gr  daging ikan tengiri, haluskan
2 sdm   bawang merah halus
1 sdm   bawang putih halus
2 sdt     lada halus
1 sdt     chicken powder
3 sdm   gula pasir
3 sdt     garam
1 sdm   minyak wijen
3 btr     telur
400 gr  labu siam, parut kasar, tiriskan
450 gr  sagu tani
Cara membuatnya:
  1. Aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata.
  2. Tambahkan labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu, aduk rata lagi, sisihkan.
  3. Ambil satu lembar kulit siomay, isi dengan adonan ikan, lipat ketas, rapikan bentuk wiron. Taruh diatas loyang yg sudah dipoles minyak, kukus 20 menit.
  4. Rebus kentang ½ matang, kupas kulitnya, belah dua. Kerat-kerat bagian yg rata, beri adonan ikan. Kukus
  5. Potong pare, buang bijinya, isi dengan adonan ikan. Kukus 30 menit.
  6. Potong kotak tahu, goreng sebentar, kerat-kerat dengan gapru salah satu sisinya, tempelkan adonan ikan. Kukus 30 menit.
  7. Telur rebus belas dua, tempeli dengan adonan ikan. Kukus.

Saus Kacang 
Bahan:500 gr  kacang tanah, goreng, giling halus
200 gr  cabe merah
3 bh     bawang putih
2 sdm   cuka
2 sdm   garam
8 sdm   gula pasir
minyak sayur secukupnya
500 gr  ubi merah, matang
1,5 ltr   air matang
Cara membuatnya:
  1. Blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.
  2. Haluskan cabe merah dan bawang putih.
  3. Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
  4. Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan

Untuk saus kacang jika tidak mau ribet bisa menggunakan sambel pecel kemangi,  rasanya enak dan sudah ada varian pedasnya. 

4 komentar:

  1. Waah.. baru tahu kalau di sausnya ada ubi merahnya....
    maksih ya mbak tipsnya. pengen kucoba di rumah. Siapa tahu bisa jadi ladang usaha baru nih. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa pakai ubi merah atau kentang, tapi biasanya ubi merah karena dr harga relatif lebih murah dr kentang apalagi buat jualan :)

      Hapus
  2. jul boleh gak ikannya diganti? pake ikan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh ko, ganti ikan apa aja yg ada...

      Hapus