Laman

Minggu, 17 Juli 2016

Siomay Ayam Udang

Di Berau ada yang jual kulit pangsit, semenjak booming grup kuliner di Berau jadi makin gampang dapetin bahan-bahan masakan yang memang tidak ada di Berau.



Sabtu, 16 Juli 2016

Pizza topping Soboro


Ngelirik sisa bahan acara baking course kemarin kayanya cocok nih dipraktekan bikin roti.
Nah karena ragi alami masih dalam tahap fermentasi, jadilah pakai ragi instan. Nyontek buku Sangjin Ko resep cinnamon roll, bahan sudah siap semua. Kenapa cinnamon roll?  soalnya kemarin dikirim AdhisTi AriEf ternyata enakkkk, sayang Cuma dikirim 2 pcs mana rebutan makannya 😝😝😝 #kodekeras #toyorpalasendiri


Jumat, 15 Juli 2016

Tips Menggoreng Ikan Garing Dan Renyah

Salah satu hal yang paling dirindukan Dari Berau adalah ikan laut dan sungai yang segar. Di Berau ini lah saya baru merasakan nikmatnya ikan segar yang baru ditangkap nelayan, rasanya dagingnya manis dan tidak amis. Awalnya saya bukan pecinta makanan laut eh setelah tau enaknya malah jadi suka.

Kemarin sore saya baru membeli ikan kakap segar dari Mbak Hasni,  selain segar ikan-ikannya ini eco friendly alias ditangkap dengan cara ramah lingkungan. Kualitasnya sdh tidak diragukan lagi lah, apalagi kalau beli disini ikannya sdh dibersihkan jadi kita hanya tinggal bersihkan sedikit lalu bumbui deh.

Haura kangen dengan ikan goreng, padahal awalnya Akan membuat sop ikan. Nah saya mendapat tips dari salah seorang pemilik catering sekitar 7thn yang lalu. Tips menggoreng ikan agar garing, renyah Dan berwarna cantik. Kan kadang Ada tuh jadi ada warna hitam padahal tidak gosong.


Hash Brown

Hash Brown

Yeayyy weekend (pdhl gak ngaruh juga sih krn masih liburan) 😁😁
Cuma ada kentang dan telur, bikin apa yaaa...

Oiya hashbrown aja, dulu tau makanan satu ini garagara liat postingaNiken Pratiwi Sumanjayaya trus ndeso gitu "makanan apaan ituuuh hashbrown" 😅😅😅


Selasa, 14 Juni 2016

Seblak Iga Sapi

Keluarga saya termasuk keluarga yang sangat menyukai iga sapi. Biasanya paling doyan dibuat iga bakar baik itu dengan cita rasa Indonesia atau ala-ala bbq.
Harga iga sapi di Berau 70rb/kg fresh dari pemotongan. Nah biasanya saya mengolah iga dengan mempresto semua baru saya simpan per porsi di dalam freezer. Dari 1kg bisa saya buat menjadi 3 porsi makanan.


Oreo Cheese Cake - No Baked

Sudah genap 2 minggu berada di Jakarta, walau bukan di rumah sendiri saya tetap memasak untuk anak-anak. Kebetulan hari ini libur masak karena tantenya HauHanHas akan membeli makanan dari luar. Tapiiiii memang dasarnya gak bisa diem alias kelebihan energi tetep gatel ke dapur. Saat lihat ada whipped cream, susu UHT, keju dan oreo langsung deh kepikiran bikin oreo cheese cake abal-abal. 

Jumat, 18 Maret 2016

Pasar Rakyat Trans Bebanir Bangun Kabupaten Berau

Beberapa waktu yang lalu saya dapat info tentang sebuah pasar yang tebentuk karena inisiatif para petani di salah satu daerah masih dalam Kabupaten Berau. Mengapa mereka membangun pasar rakyat karena hampir sebagian besar hasil tani mereka diberi dengan harga sangat murah oleh para tengkulak lalu dijual kembali dengan harga yang berkali-kali lipat di pasar pagi, tapi kalau sudah menjelang siang harga semakin melangit. Contoh untuk satu ikat kangkung di tangan knsumen bisa 4000 rupiah tapi ternyata petani menerima 1000 rupiah bahkan 500 rupiah, belum lagi ikatan dari petani biasanya dipisah lagi menjadi ikatan kecil. Itulah mengapa kehidupan petani kadang kekurangan. Begitulah cerita yang saya dengar tentang latar belakang dibukanya pasar rakyat (jika ada yang salah mohon dikoreksi)


Tips Berbelanja Dapur Hemat dan Ramah Lingkungan

Akhir-akhir ini sedang heboh tentang  diet plastik dan pemberlakuan kantong plastik berbayar di supermarket. Reaksi masyarakat bermacam-macam  ada yang protes , ada yang nyinyir, ada yang mendukung dengan antusias, ada yang protes mengapa industri besar tidak dituntut utk menggunakan kemasan yang lebih Ramah Lingkungan, dan lain-lain. Seperti biasa setiap kebijakan pasti ada pro dan kontranya. Untuk saya pribadi saya setuju dengan pemberlakuan itu karena memang kantong plastik ini salah satu bahan utama kami para ibu rumah tangga utk memproduksi sampah.  Beberapa kali ke negara tetangga disana mereka memang sudah memberlakukan hal ini tapi saat itu hanya dibuat pada hari tertentu, hanya hari rabu dan sabtu kantong plastik berbayar sisanya tetap gratis tetapi info terbaru saat ini saya belum tahu.

Banyak yang heboh membeli kantong atau tas yang dapat digunaan untuk belanja tapi naluri emak irit dan hemat, saya mencari 'koleksi' tas yang biasanya didapatkan gratis kebetulan saya ada kantong bekas pembagian rapor Haura dan salah satu toko. Jika tidak punya maka kita juga dapat membuat tas belanja sendiri dari kaos bekas seperti disini.



Minggu, 07 Februari 2016

COOKING PARTY with HAURA

Alhamdulillah tanggal 4 Februari kemarin Haura genap berusia 8 tahun, tidak ada yang special di hari itu bahkan saya dan papap sedang di Balikpapan untuk berobat Hasya. Kami memang sengaja tidak mengagung-agungkan hari lahir dengan alasan setiap hari adalah hari yang bahagia :) 
Haura suka sekali membaca  novel/komik KKPK (Kecil-kecil Punya Karya) dan salah satu ceritanya bercerita tentang seorang anak yang membuat cupcake party. Pernah suatu sore ada 6 anak perempuan datang bersama Haura selesai mereka mengaji. "Tante, kata Haura sekarang cupcake party" #GUBRAKKKK Haura tiba-tiba mengundang teman-temannya tanpa konfirmasi pada saya, tidak ada persiapan sama sekali akhirnya kami menghias ice cream. 

Minggu, 31 Januari 2016

Cara Membuat Nasi Bakar Mudah

Orang Indonesia kalau belum makan nasi artinya belum makan walaupun sudah makan bakso 1 mangkok :)hahahaha 
Bahan makanan yang selalu siap sedia di oagi hari adalah nasi, Kalau diolah utk jadi nasi goreng sudah terlalu mainstream :p dan anak-anak juga sudah bosan apalagi bapake. 

Kebetulan Indonesian Foodblogger lagi bikin event temanya leftover. Nah dari sisa nasi hari kemarin bisa diolah kembali loh menjadi makanan yang terlihat Baru, eits walau bahannya nasi kemarin tetal layak makan ya bukan berarti nasi basi bisa kembali diolah. 

Kali ini saya lagi pengen buat nasi bakar,  sstt dulu saya pernah jualan nasi bakar dan inilah sedikit rahasia cara pembuatannya.