Laman

Kamis, 24 November 2016

Pecel

Hari ini tema uploadkompakan PECEL :) kadang ikut kadang engga gimana mood dan waktu, maklum sebagai emak-emak yang penuh kesibukan (cailehhhh) .

Bahan Utama 
500 gram Kacang tanah
Bumbu sambal pecel
  • 5 buah Cabe rawit merah
  • 3 siung Bawang putih 
  • 1 ruas jari Kencur 
  • 1 sdt Garam\
  • ¼ sdt gula merah
  • 4 lembar daun jeruk purut Daun jeruk purut 
Cara membuatnya
  1. Menggoreng kacang tanah hingga berwarna kuning kecoklatan 
  2. Haluskan kacang tanah goreng bersama dengan ( cabe rawit merah + kencur + bawang putih + daun jeruk purut + garam + gula pasir ) hingga lembut.
  3. Bumbu dapat disimpan 
  4. Sajikan dengan sayuran rebus kesukaan masing-masing keluarga (Bayam, Kangkung, Toge, Wortel, Kol, Timun, dll) 

Rabu, 19 Oktober 2016

5 Tips ini Akan Buat Anda Mudah Dapatkan Tiket Murah Saat Liburan

5 Tips ini Akan Buat Anda Mudah Dapatkan Tiket Murah Saat Liburan


Bukan rahasia lagi rasanya kalau kebanyakan dari wistawan yang ingin berlibur ke luar kota maupun luar pulau mencari tiket pesawat murah. Saat ini banyak juga tiket pesawat murah dari berbagai maskapai, dimana Anda dapat memperolehnya dengan berbagai cara. Namun, terkadang orang-orang mengabaikan beberapa hal, sehingga mereka pun tidak mendapatkan tiket murah yang diinginkan.



(Sumber Gambar : muhammadyamin.com)

Seperti halnya Citilink booking melalui online seringkali lebih murah dibandingkan booking lewat agen perorangan. Begitu pula dengan yang lainnya. Akan tetapi tidak hanya itu, karena masih banyak yang bisa dilakukan agar Anda mendapatkan tiket pesawat murah. 

Berikut lima tips yang akan buat Anda mudah dapatkan tiket murah.

1.      Rencanakan waktu liburan
Merencanakan waktu liburan di jauh-jauh hari itu penting. Mengapa? Karena waktu yang Anda ambil untuk liburan sangat berpengaruh sama harga tiket yang akan dibeli. Jika Anda liburan di saat orang-orang juga liburan ke tujuan yang sama, harga tiket biasanya menjulang tinggi. Ada baiknya jika menghindari waktu-waktu yang relatif harga tiket naik, seperti menjelang lebaran, akhir tahun, natal, dan lain sebagainya.
(Sumber Gambar : nasional.kompas.com)
Sebaiknya, Anda rencanakan liburan saat weekday, karena harga tiket relatif lebih murah. Mungkin bagi Anda yang bekerja, bisa mengambil cuti untuk liburan dan memilih waktu yang tepat untuk liburan dengan tiket murah.

2.      Booking secara online lebih murah dari pada direct online
Saat ini sudah banyak online travel agent (OTA) yang mana mereka melayani pemesanan tiket pesawat, seperti halnya Traveloka, Pegipegi, dan lain-lain. Pemesanan tiket pesawat melalui online lebih murah dibandingkan melalui agen perorangan. Biasanya, OTA juga mengadakan promo buat membernya. Anda juga bisa membandingkan harga satu dengan lainnya.
Selain melalui online, Anda juga bisa menggunakan aplikasi mobile. Tidak sedikit OTA yang menawarkan harga murah bagi pengguna aplikasi smartphone untuk booking. Dibandingkan booking online lewat computer atau laptop, lebih efektif, murah, dan cepat jika melalui aplikasi.

3.      Ada baiknya untuk berlangganan newsletter melalui email
Mungkin bosan ya, jika setiap saat harus cari info promo. Ada baiknya jika Anda berlangganan newsletter melalui email. Tak jarang setiap maskapai mengadakan promo maupun harga diskon di waktu-waktu tertentu, seperti halnya saat ulang tahun maskapai, hari spesial, dan lain sebagainya. Berlangganan newsletter juga mengantisipasi Anda untuk segera booking tiket sebelum kehabisan.
(Sumber Gambar : travelspromo.com)

4.      Pilihlah tempat tujuan yang jarang orang ke sana
Tidak ada salahnya jika sekali-kali kita berlibur ke tempat yang jarang sekali orang-orang mengunjungi. Masih banyak tempat liburan yang menyenangkan namun jarang sekali orang-orang mengunjungi. Jika Anda berlibur di tempat-tempat populer seperti Bali, Lombok, di waktu liburan, biasanya harga tiket naik dan bahkan kehabisan karena banyak peminatnya.

5.      Hindari pembelian tiket secara berjama’ah
Jika Anda membeli tiket pesawat, hindari pembelian tiket secara bersama-sama, dalam artian pembelian tiket dengan jumlah di atas satu atau dua. Ada baiknya jika Anda membeli tiket dengan browser yang berbeda secara berbarengan. Karena biasanya harga tiket lebih murah dibandingkan langsung beli dengan julah yang banyak sekaligus.
Itulah beberapa tips agar Anda mudah dapatkan tiket murah saat liburan, apalagi liburan bersama keluarga. Sebenarnya masih banyak tips lagi selain lima tips yang di atas. Seperti halnya Anda bisa menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan tiket murah.
Contoh dokumen pendukung seperti halnya asuransi, kartu kredit, dan lain sebagainya. Karen tidak menutup kemungkinan, beberapa maskapai telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi, bank, dan lain-lain. Sehingga, banyak maskapai yang menawarkan harga diskon untuk client-client dari perusahaan tertentu.
Cukup mudah, bukan? Cara agar Anda dapatkan tiket murah saat liburan. Tidak hanya saat promo, akan tetapi di saat-saat tertentu pun Anda bisa liburan dengan tiket pesawat yang murah namun fasilitas tetap nyaman. Jadi, segera rencanakan liburan Anda dari sekarang juga. Selamat berlibur!

Sabtu, 10 September 2016

Tips Menyimpan Daging Qurban (Sapi /Kambing)

Alhamdulilah dua hari lagi Hari Raya Idul Adha dimana umat muslim melakukan qurban, dan itu artinya saatnya mengolah daging sapi/kambing. Nah biasanya setelah mendapat 'jatah' daging qurban terkadang kita tidak langsung memesak semuanya tapi menyimpan sebagian. Setelah membaca berbagai artikel tentang bagaimana cara menyimpan daging dengan benar dai berbagai sumber rberikut saya tulis rangkumannya. Semoga bermanfaat 

photo : lintas news

Jumat, 19 Agustus 2016

Sambal Mangga Muda


Patin Asam Kemangi

Masak sukasuka, kasi nama masakan sukasuka, sahhhh ????? 
^_^



Telur Dadar dan Sayur Rebus

Masakan gagal Hari ini, ceritanya mau bikin nasi selimut apadaya selimutnya kekecilan jadilah digelar gitu aja ðŸ˜ðŸ˜hahahaha

Resep? Ini telur didadar aja tanpa apa2 ðŸ˜ðŸ˜sayuran juga direbus sebentar aja, sambil merem juga pasti pada bisa Kan ðŸ˜‚😂😂


Finding love through cooking
@chefbyaccidentdotcom
www.chefbyaccident.com

Fussili Baked with Bolognese and Cheese









Meatball Barbaque Sauce


Anak-anak doyan daging sapi tapi kadang susah dapet daging has dalam yg empuk, ngakalinnya? Daging dicincang dulu baru diolah ðŸ˜ðŸ˜ðŸ˜

Biasanya sih dibuat bolabola daging atau patty dengan bumbu semur atau dirawon. Nah kali ini coba dibumbuin saos BBQ ðŸ˜˜ðŸ˜˜ðŸ˜˜ Hanif sampe nambah loh ðŸ˜ðŸ˜


Nasi Tim Ayam Sizi

Duluuuu hampir di setiap rumah sakit biasanya ada yg jual nasi model begini namanya Sizi (nasi bergizi). Tapi terakhir ke Bandung Dan cari ko sudah pada gak ada ya, padahal dulu andalan Ibu nih kalau anakanaknya sakit pasti beli Sizi. Kayanya kalau sakit rasa Sizi ini enak banget dan pas di lidah.

Iseng coba masak nasi tim Ayam beserta kuahnya tapi ko kaya ada yg kuraaang, oalah telur asinnya kelupaan





Bahan:


Nasi agak lembek (memasak beras dengan air agak banyak)
250 gram ayam 
    1 buah wortel dicincang halus
    2 batang seledri iris tipis
    4 siung bawang putih haluskan
  1/2 siung bawang bombay haluskan
       kecap secukupnya
       garam, gula putih dan merica secukupnya
       air 
       minyak untuk menumis
       telur asin

Cara Membuat :

  1. Pisahkan daging ayam dari tulangnya
  2. Cincang daging ayam , sisihkan
  3. Tulang ayam direbus dengan 2 siung bawang putih geprek masukkan garam, gula putiih dan merica lalu rebus sampai matang dan saring, sisihkan.
  4. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum masukkan daging cincang, wortel, air, garam, gula, merica dan kecap. Masak hingga matang dan sisihkan
  5. Siapkan mangkok alumunium masukkan tumisan daging cincang lalu nasi kemudian dikukus sebentar lalu sajikan bersama kuah kaldu ayam dan telur asin (kebetulan telur asin kelupaan)

Finding love through cooking ðŸ˜ðŸ˜
@chefbyaccidentdotcom 
www.chefbyaccident.com

Ayam Kelapa Bumbu Rendang

Hari ini adalah hari kedua mamam mengikuti kajian Al-Quran bersama beberapa teman, alhamdulillah senang sekali rasanya. Kebetulan acara diadakan di rumah dan baru selesai jam 10.30 siang , awalnya berencana membeli masakan yang sudah jadi saja tapi koidak sempat  sayang karena tadi pagi baru belanja ke kurir pasar. Stock di kulkas ada ayam , akhirnya persiapkan bumbu ayam kecap saja tapi saya teringat Haura sedang suka sekali rendang dan kebetulan ada kelapa parut jadilah memasak rendang. Sedang asyik menyiapkan bumbu tiba-tiba Hasya bangun dan rewel sekali karena waktu yang sudah mepet sekali dengan jam makan siang Haura akhirnya kelapa saya masukkan semua ke dalam wajan karena tidak sempat memeras santan. 
Saya tinggal masakan di atas kompor untuk menyusui Hasya daaan saat kembali taraaaa jadilah makanan yang ntahlah namanya apa :)hahahahaha

Senin, 15 Agustus 2016

Tempe Mendoan

Ceritanya tanggal 18 Juli kemarin jadi hari istimewa mamam :) Rencananya dalam sehari itu gak akan masak full jajan alias jadi hari libur mamam di dapur.
Malamnya kami mencoba salah satu tempat makan yang baru , disana ada menu tempe mendoan ternyata HauHan suka sekali tapi sayang harganya mahal (menurut ukuran emakemak macam sayah) hahaha

Hari ini dalam rangka 'balas dendam' si harga mendoan yang selangit itu coba buat deh soalnya selama ini kalau makan tempe mendoan selalu kering dan memang anak-anak biasa aja tapi pas tau ternyata mereka suka yang tepungnya tidak kering masih terlihat putih jadilah masak tempe mendoan. Dengan modal 6rb perak akhirnya bisa makan tempe mendoan sampe wareg.. hahahaha


Sop Buah Durian

HauHan saya ijinkan untuk menonton upin-ipin walaupun harus tetap didampingi karena ada karakter abang Saleh. Tapi satu hal yang saya suka materi ceritanya itu bagus tentang keberagaman, mencintai negara, tentang makan sayur, buah, fire rescue, khitan, ibadah, puasa, kebersihan dll. 

Nah di upin ipin ini ada namanya es ABCD (air batu campur durian), coba browsing gak nemu apa aja sih isi es ini kalaupun ada hanya menjelaskan isinya buah-buahan dan durian. Beberapa kali ke Malaysia pun saya belum pernah nemu minuman ini. 

Ahhhh gak putus asa, marilah kita coba es ABCD ala mamam ðŸ˜ðŸ˜ðŸ˜ Sekalian utk acara kelas Haura krn kebetulan kebagian bawa buah dan minuman. 



Bola-bola Mie

Setelah belajar cara membuat bulatan penuh dengan menggunakan wajan takoyaki, nah akhirnya saya mencoba membuat bola-bola mie. Dan yeayyyyyy bulat sempurna ^_^ 



Bol-bol Mie Wortel

Menyambung postingan sebelumnya tentang bol-bol nasi . Sekarang saya sedang mencoba memakai bahan dasar mie. Siapa sih yang gak suka mie ? Alhamdulillah anak-anak suka juga salah satu bekal yang gampang sekali dibuat pagi hari.

Kenapa bol-bol? Karena cuma setengah, kalo full namanya bola-bola nasi #maksa 
😁😁😁 
Cekidot ya resep bol-bol mie wortelnya , sst bisa salah satu trik agar anak-anak lebih suka dengan sayur 

Bol-bol Nasi


Baru punya gadget baru (baca: wajan takoyaki) 
😁Jadi dipakeee terus ðŸ˜ðŸ˜
 
Bingung bawain bekal apa, ada nasi, telur daun bawang, tomat... Aduk-aduk dehhh... 
Eh ada telur rebus nganggur, potongpotong jadi topping deh. 

Kenapa bol-bol? Karena cuma setengah, kalo full namanya bola-bola nasi #maksa 
😁😁😁 



Kue Cubit


Dulu mana kepikiran bikin beginian, di Bandung bertebaran di sekolah-sekolah yang jual, drpd repot bikin mending beli 
😁😁
 hehehehe

Tiba-tiba sekitar 1 tahun yg lalu makanan satu ini langsung ngehitz, bahkan ada yang rela ngantri utk beli kue centil satu ini. Duluuu yang namanya kue cubit itu ya cuma 1 jenis aja, bahannya adonan terigu+meses, paling ada 2 penyajian mau matang atau setengah matang
Nah sekarang mah udah macem-macem ada rasa green tea, brownies, coklat, vanila dan toppingnya juga bisa macem-macem oreo, Nutella, keju dll. Kalau saya sih suka yang rasa original apa adanya kalau pakai rasa lain-lain ko aneh aja bawaannya apa mungkin karena lidah yang ndeso :)  

Yuks ah disimak resep kue cubit alaala emak HauHanHas :)

Es Buah Potong (Tips Agar Anak Suka Buah)

Sebagai emak yang menjunjung tinggi kepraktisan ini mungkin bisa dijadikan salah satu ide untuk membuat camilan 'sehat' untuk anak-anak, suami dan diri sendiri. 
Berawal dari kegalauan sebagai ibu rumah tangga yang bertempat tinggal jauh dari kota besar yang harus menghadapi kenyataan bahwa harga buah-buahan itu MAHAL sodarasodaraaaaa T____T #mewek Bayangkan aja ya harga 1 kg apel 75rb - 85rb /kg , dalam 1 hari bisa menghabiskan 1/2kg bahkan 1 kg nah kalikan saja 30 hari (kepala mendadak pusing) hahahahah, belum lagi harga jeruk mandarin, anggur dkk. 


Minggu, 17 Juli 2016

Siomay Ayam Udang

Di Berau ada yang jual kulit pangsit, semenjak booming grup kuliner di Berau jadi makin gampang dapetin bahan-bahan masakan yang memang tidak ada di Berau.



Sabtu, 16 Juli 2016

Pizza topping Soboro


Ngelirik sisa bahan acara baking course kemarin kayanya cocok nih dipraktekan bikin roti.
Nah karena ragi alami masih dalam tahap fermentasi, jadilah pakai ragi instan. Nyontek buku Sangjin Ko resep cinnamon roll, bahan sudah siap semua. Kenapa cinnamon roll?  soalnya kemarin dikirim AdhisTi AriEf ternyata enakkkk, sayang Cuma dikirim 2 pcs mana rebutan makannya 😝😝😝 #kodekeras #toyorpalasendiri