Halaman

Sabtu, 31 Desember 2011

Bir Pletok

Saking HOT nya topik "pencurian foto" jadi lupa deh sama event Indonesian Food Party nya Tata :p *caricari alasan*. Kali ini saya penasaran dengan namanya Bir Pletok khas Betawi , sering dengar namanya dan sempat pernah lihat juga di beberapa liputuan tv tentang bir pletok ini.

Bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah-rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.
Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar edaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat. (sumber : wikipedia)

Setelah googling kesanakemari akhirnya saya menemukan resep yg pas dengan lidah saya tapi tetap sepertinya ada yang kurang karena tidak ada kayu secangnya sehingga warna minuman pun tidak berwarna merah T__T. 





Bahan-bahan :
250 gram jahe kupas lalau diris
600 gram gula jawa
    3 batang serai, dimemarkan
    5 lembar daun pandan
  10 lembar daun jeruk purut
    6 butir cengkih
  10 cm kayu manis
    1 biji pala dibelah 4
  10 cm kayu secang (tapi di Berau gak ada T______________T)
 2.5 liter air

Cara Pembuatan : 
Semua bahan dicampur lalu direbus sampai mendidih.
Setelah menddih direbus kembali selama 30 menit  lalu angkat dan saring
Cara Penyajiannya air rebusan yg telah mengental dicampur lagi dengan air , bisa disajikan hangat atau dicampur es :) kebeteluan saya campur es .. segeRRRRRRRRRRRRRR :)\

Akhirnyaaa setorr juga :) *legaaaaaaaaaaaaaaa*

Senin, 12 Desember 2011

Nasi Hitam Putih Panggang

Ini bukan sembarang hitam putih kaya Dedy Cobuzier itu loh ya, semenjak Hanif MPASI kami sekeluarga jadi lebih sering mengkonsumsi nasi merah / nasi hitam tapi kebanyakan sih dicampur dengan nasi putih saat memasaknya, maklum harga nasi merah dan nasi hitam bisa 4x lipat dr harga nasi putih. Yang lucu saat mencampur nasi hitam dan putih jadinya berwarna ungu.. unyu unyu gimanaaaaaaaaaaa gitu ^_^ hehehe

Beberapa waktu yang lalu saya nonton acara Farah Quinn di tv, saat itu ia memasak nasi panggang ah jadi ingin mencoba masak deh. Karena stock nasi di dalam magic com adanya nasi hitam putih yg berubah jadi ungu itu ya say acoba deh. 

Bahan-bahannya semua pakai ilmu kira-kira atau saka (baca : sakainget) *melet* 





Bahan :
    2 centong nasi hitam putih (bisa pakai nasi putih biasa)
    2 butir telur ayam
    1 siung bawang putih dan 
 1/2 siung bawang bombay diiris 
       wortel ris tipis
       buncis iris tipis
100 ml susu UHT
       keju cheddar diparut
 1/2 sdt oregano
       garam dan gula secukupnya
       minyak goreng


Cara Membuat :
  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak goreng sampai harum lalu masukkan wortel dan buncis, sisihkan
  2. Campurkan nasi , sayuran yang telah ditumis, telur ayam, keju cheddar, oregano, garam, gula, susu UHT aduk sampai rata 
  3. Masukkan bahan ke dalam pyrex tahan panas lalu taburi bagian atasnya dengan parutan keju
  4. Panggang dengan suhu 180C selama kurang lebih 40 menit


notes : 
Ada 2 versi kalau saya memasak nasi panggang, ada yang sayurannya saya tumis (seperti resep di atas) ada yang direbus sebentar tapi jika direbus saya tidak menggunakan bumbu bawang putih dan bawang bombay...

Senin, 05 Desember 2011

Bubur Oat Kakap Buncis

Ini menu MPASI Hanif kalau mamam lagi "males" .... ikan kakap dan buncis di kukus lalu masak oatmeal ... taraaaaaa... Hanif tetep bisa makan dengan lahap dan sehat  ^__^


Bahan :
  4 sdm oat (jangan muncung ya)
10 gram daging ikan kakap 
  8 buah buncis muda 
     jeruk nipis secukupnya

Cara Membuat :
  • Masak Oat sampai matang lalu dihaluskan/diblender/disaring
  • Kukus ikan kakap yang telah dilumuri perasan jeruk nipis sampai matang pisahkan duri-durinya lalu dihaluskan/diblender/disaring
  • Kukus buncis muda sampai matang lalu diparut/dihaluskan/diblender/disaring

ludesssssssssss

Minggu, 04 Desember 2011

Bubur Beras Hitam Ayam Brokoli

Syukur alhamdulillah di Berau sekarang sudah ada yang jual beras merah dan beras hitam walaupun harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan harga di pulau Jawa Rp. 37.000,-/kg #glek 

Apa sih Beras Hitam itu?

Beras Hitam adalah beras asli Republik Indonesia yang memiliki tinggi 2 meter dan berumur 6 bulan. Untuk menanamnya diperlukan lokasi khusus dan cara yang tidak biasa. Beras Hitam termasuk varietas beras yang berwarna hitam dan mengandung banyak manfaat. Seperti halnya Ketan Putih berbeda dengan Beras Putih, Beras Hitam juga berbeda dengan Ketan Hitam. Meski Beras Hitam sedikit lengket, tapi tidak selengket Ketan Hitam. 

Beras Hitam mempunyai khasiat meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas), mengeluarkan racun (detoksifikasi), menyeimbangkan sistem metabolisme, serta memiliki aroma dan rasa yang lezat. Lebih dari itu, Beras Hitam juga bisa membantu penyembuhan berbagai penyakit seperti leukemia, diabetes, kegemukan, kanker, kolesterol, maag, asma, ginjal, hipatitis, anemia, masalah pencernaan, alergi makanan, masalah kewanitaan, mengurangi peradangan, memperbaiki kerusakan sel hati, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, dan lain-lain. (berashitam.com)


Bahan
20 gram Beras hitam
10 gram daging ayam kampung
  1 siung bawang putih
  4 kuntum brokoli

Cara Membuat
  • Rebus ayam kampung dan bawang putih sampai empuk lalu haluskan/blender/saring hingga lembu
  • Rebus beras dengan air kaldu ayam hingga matang lalu haluskan/blender/saring hingga lembut
  • Kukus brokoli sampai empuk dan haluskan /blender/saring hingga lembut

Sabtu, 03 Desember 2011

Bubur Oat Hati Brokoli

Untuk ikan laut memang berlimpahruah di Berau tapi kalau untuk sayuran saya terkadang matgay, sayurnya itu-itu sajaaaaa.... Rasanya ingin sekali memperkenalkan brokoli, bayam merah, edamame ke Hanif tapi apa daya tidak ada yang jual disini T_______T.

Tidak kehabisan akal akhirnya saya meminta tolong membelikan brokoli pada teman yang sedang berada di Samarinda dan akan pulang ke Berau (dihhhh sampe impor booo). yihaaaaaaa tadi pagi brokolinya diantarkan ke rumah dan Hanif sukaaaaa sekali baru kali ini ia 'mangap' dengan lebar tanpa harus saya bertindak 'heboh' :) biasanya saat menyuapi saya harus bernyanyi , bermain dan kadang menari bersama Haura :p  


Bahan :
4 sdm oat
1 buah hati ayam kampung
1 siung bawang putih dikeprak
4 kuntum brokoli

Cara Membuat :
  • Masak Oat sampai matang lalu dihaluskan/diblender/disaring
  • Rebus Hati ayam  dan bawang putih sampai matang lalu diparut/dihaluskan/diblender/disaring
  • Kukus brokoli sampai matang lalu dihaluskan/diblender/disaring


----Thank you Bunny nya Zachri yang dah mau dititipin beli brokoli ^_^----

Bubur Kakap Wortel

Hanif tidak terlalu doyan beras putih atau nasi putih tidak seperti kesukaanya pada beras merah kali ini ia hanya menghabiskan 1/2 porsi dari bubur beras putihnya tapi ikan dan wortelnya ludessss tak bersisa ^_^. Tiga hari berlalu dan sip... tidak ada tanda alergi.. lanjootttttttttttttt...... Ikan Kakap Lulus !


Bahan 
20 gram Beras putih
10 gram daging ikan kakap cincang
  1 lembar daun salam
20 gram wortel 

Cara Membuat 
  • Rebus ikan kakap sampai empuk lalu haluskan/blender/saring hingga lembut
  • Rebus beras dengan air kaldu ikan dan daun salam hingga menjadi bubur  lalu haluskan/blender/saring hingga lembut
  • Kukus wortel sampai empuk dan haluskan /blender/saring hingga lembut

MPASI 8 bulan - Bubur Saring



Yipeeee Hanif sudah 8bulan tanggal 24 November 2011, yang berarti sudah saatnya memperkenalkan protein hewani dan  nabati. Saya baru sempat posting MPASI nya Hanif yang 8m+ , karena saya sibuk terima job sana-sini (baca : nyapu, ngepel, cuci piring, masak dll) ^___^. Terkadang Hanif juga tidak sabaran baru saja makanannya matang ia sudah menangis minta disuapin padahal saat masih 6m masih santai bisa dijeprat-jepret sebentar saja ^_^

Menginjak usia 8 bulan, organ pencernaan bayi sudah bisa dilatih mencerna makanan yang proses pencernaannya rumit, seperti protein hewani. dalam kelompok sumber protein hewani hanya yoghurt khusus bayi, yoghurt tawar (plain yoghurt), keju alami (natural cheese) dan tempe yang mudah dicerna karena kandungan proteinnya sudah dicerna oleh bakteri dan kapang (jamur) 

Makanan sumber protein
  • Telur (terutama kuning) dimasak hingga MATANG tidak setengah matang
  • Hati : hati ayam, hati sapi dicincang halus, dimasak hingga empuk
  • Daging ikan (kakap, tenggiri, salmon , gindara, marlin) dibersihkan duri-durinya, dicincang halus dimasak hingga empuk
  • Daging ikan air tawar (lele, patin, gabus)
  • Daging ayam (pilih bagian dada, buang kulit dan lemaknya) dicincang halus dimasak hingga empuk
  • Daging sapi  (pilih yg tidak berlemak dan empuk, has luar/sirloin atau has dalam/tenderloin)
  • Daging kambing
  • Hati ayam, hati sapi
  • Keju diparut lalu dimasak hingga empuk
  • Kacang merah dimasak hingga mepuk lalu dihaluskan, untuk kcg merah kering direndam dulu
  • Kacang hijau direndam hingga mengembang (4-6jam) dimasak hingga empuk
  • Kacang tolo direndam hingga mengambang (4-6 jam) dimasak hingga empuk
  • Tempe (pilih tempe segar hindari yang sudah berbau amoniak) dihaluskan kemudian dimasak hingga empuk
  • Tahu (pilih tahu putih, bayi sangat sensitif terhadap kerusakan tahu yang mengakibatkan diare) dihaluskan dimasak
Untuk makanan sumber patinya saya masih mengacu dengan bahan makanan yang telah dicoba Hanif saat umur 7 bulan dan alhamdulillah Hanif  Tidak Ada Tanda Alergi... yeahhh..... lanjuttttt....

Bubur saring merupakan makanan yang bertekstur lembut, agak cair dan menuju bentuk padat. Diberikan saat buah hati menginjak usia 8bulan. Umumnya pengolahannya direbus, lalu dihaluskan dengan blender atau disaring untuk memperoleh tekstur makanan yang benar-benar lembut.

Cara Membuat Bubur Saring
  1. Sebelum mengolah cuci tangan dulu hingga bersih
  2. Pilih bahan yang bermutu baik
  3. Untuk umbi-umbian, sayuran dan buah, cuci dengan air mengalir siangi atau kupas kulitnya dan buang bijinya
  4. Cuci beras tapi tidak berlebihan (tidak sampai air cuciannya bersih)
  5. Cincang daging, ikan, tempe dan tahu untuk membantu proses pematangan
  6. Jika menggunakan daging utuh bukan fillet, kukus dahululalu ambil dagingnya. Pastikan daging tidak berduri
  7. Bahan bisa direbus atau dikukus 
  8. Jika menggunakan santan saya biasanya mengikuti cara Pak Wied Harry yaitu santan dicampurkan terakhir tanpa didihkan, parutan kelapa direndam dengan air matang baru diperas
  9. Menghaluskannya bisa menggunakan blender lalu disaring tau langsung disaring

Mengapa no gula garam ??
Agar anak bisa merasakan rasa asli makanan tersebut.
Garam dapat memaksa ginjal bayi yang belum berkembang sempurna untuk bekerja keras.
Gula dapat membuat anak ketagihan makan makanan manis 

Mengapa makanan bayi baik yang alami ??
Bubur instan yang tersedia di pasar memang terasa lebih praktis. Namun, perlu diingat anak juga perlu belajar mengenal rasa alami dari bahan segar. Pengenalan tersebut akan terekam di memori anak. Kelak ia akan lebih mudah menerima aneka jenis makanan karena ingatan rasa makanan itu tersimpan. Jika rasa dari bahan makanan tidak dikenalkan sejak dini kemungkinan besar anak akan sulit menerima berbagai jenis makanan. Akibat lanjutnya ia kana mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

Jangan meniup makanan bayi
Sebelum diberikan pada bayi sebaiknya makanan panas disisihkan dulu hingga hangat. Hindari meniup makanan bayi sebelum disuapkan karena bisa menularkan kuman dari mulut anda ke dalam tubuh bayi. Udara dari mulut juga mengandung banyak radikal bebas, seperti gas karbon dioksida yang dapat meminimalkan manfaat nutrisi dalam makanan bayi.

Sumber : 
- 60 Variasi Bubur Saring Sehat untuk bayi 8 bulan keatas), Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS
- Variasi Makanan Sehat Bayi, Wied Harry Apriadji


Untuk penyajian bubur saring saya mengikuti 'ala' dr. Purnamawati , jadi  bahan makanan karbo, protein dan sayuran tidak saya campur aduk saya sajikan masing-masing dengan maksud agar anak dapat merasakan masing-masing citarasa dari tiap bahan makanan. Tapi kadang kalau Hanif sudah mengenal makanan tersebut dan sudah lulus 3 hari toleransi alergi ada beberapa resep saya campurkan.


Awalnya saya sempat merasa "duh pasti ribet dahhhhhhh" eh tapi ternyata tidak loh, saya coba berikan beberapa tips membuat MPASI 'terpisah' seperti ini :
  • Pati (nasi, kentang dan makanan pokok lainnya) , untuk nasi saya mengolah beras seperti biasa memasak sehari-hari lalu dihaluskan, untuk kentang dan umbi saya kukus lalu dihaluskan.
  • Protein hewani seperti ayam, ikan saya kukus lalau dihaluskan. Sebelum dikukus dibalur dengan jeruk nipis agar tidak amis. Begitu juga untuk tahu, tempe, kacang-kacangan saya rebus/kukus lalu dihaluskan
  • Sayuran seperti wortel, buncis, kacang panjang, brokoli, kembang kol saya kukus lalu dihaluskan , untuk kangkung, bayam dan sayuran daun lainnya dicincang/dihaluskan lalu dimasak hingga empuk
Contoh jika akan memasak MPASI 'kentang, wortel, ikan' ..
  • Bersihkan ikan jika dagingnya tebal ambil bagian dagingnya saja, lalu baluri dengan air perasan jeruk nipis
  • Cuci, kupas dan potong-potong wortel dan kentang.
  • Panaskan panci kukusan lalu masukkan ikan setelah 10 menit, baru masukkan kentang dan wortel kukus sampai empuk
  • Jika menggunakan blender, haluskan kentang terlebih dahulu lalu sisihkan. Bersihkan blender dengan cara memasukkan air matang lalu diblend dan buang airnya. Daging ikan dihaluskan dengan menggunakan blender, lalu kembali dibersihkan seperti cara sebelumnya. Wortel dihaluskan sampai lembut jika kesulitan bisa menambahkan sedikit air
  • Jika menggunakan saringan biasa juga urutannya seperti di atas, kentang disaring lalu saringan kawat dibersihkan dengan air matang lalu daging ikan disaring sampai halus. Untuk sayuran keras diparut tapi untuk daun-daunan dicincang halus sekali.
See ? gak ribet kan ??? Akan lebih seru jika sayurannya lebih dari satu jenis mangkok akan berwarna-warni, yang makan senang yang masak bahagia ^_^

OOT : untung sajaaaa saya mempunyai asisten yang selalu setia menemani saya dalam sesi jeprat-jepret ^_^.... Kenalin dulu yaaaa....




ngumpettttt


Jumat, 02 Desember 2011

Bumbu Bawang / Minyak Bawang

Ini salah satu trik dari Yangti (ibu saya ) untuk menghemat waktu di dapur. Bumbu ini bisa buat nasi goreng, sop, tumis, mie goreng, mie kuah ,, ah pokonya banyakkkkkkkkkkkkk banget benar-benar praktis. Setiap masak tidak perlu kupas-kupas bawang, iris bawang atau tumis bawang ah pokonya bener2 bikin cepat waktu memasak.

Misal untuk membuat sup ceker / ayam kampung kesukaan Haura, saya hanya tinggal merebus ayam sampai empuk sembari ayam direbus saya potong sayuran setelah ayam empuk masukkan sayuran lalu tinggal masukkan deh si bumbu bawang ini. Kalau untuk tumis-tumisan juga seperti itu... masukkan bumbu bawang sesaat setelah masakan yg ditumis masuk ke dalam wajan.

Oiyaaaaaaa tidak lupa juga, kalau mau buat mie kuah ala mie instan... tinggal rebus mie kering lalu bumbu nya pakai bumbu bawang ini sama garam deh ... amannnn gak pakai MSG plus hemat beibbbb :) hmmm apalagi yaaa.... hampir semua masakan bisa pakai bumbu ini, tentunya yg bumbu dasarnya bawang merah dan bawang putih. 

Tidak ada perbandingan khusus sih antara bawang merah dan bawang putih tapi kalau saya biasanya sekali membuat 1 : 1 karena saya sukaaaa aroma bwg putih , tergantung selera masing-masing :)




Bahan :
250 gram bawang merah
250 gram bawang putih
       minyak goreng secukupnya 

Cara Membuat :
Bawang merah dan putih diblender dengan campuran minyak goreng lalu digoreng sampai matang ...


tipsnya
- harus diaduk sesekali agar tidak gosong
- jika sudah agak kekuningan segera matikan api kompor
- simpan di wadah tertutup yg kedap udara
- simpan wadah di suhu ruangan jangan di kulkas yaaa nanti minyaknya akan beku
- jika cara penyimpanannya oke saya pernah simpan dalam jangka waktu 1 bulan masih bagus kondisinya tapi biasanya sih belum 1 bulan sudah habis :)

Rabu, 30 November 2011

Kue Dadu / Kue Domino

Hari ini hari terakhir untuk 'setor' IDFB Challenge#2 di Indonesian Foodblogger , saya juga bingung kue dadu ini masuknya snack Indonesia apa bukan ya ? *garuk kepala*. Tapi yang pasti sih made in Garut :)wkwkwk , saya pertama tahu dari Amih (nenek) saya di Garut yang membuat kue kering ini saat Hari Raya Idul Fitri. Sampai saat ini saya belum pernah menemukan kue kering ini dimanapun atau saya saja yang 'gak gawol' kali yaaa...





Bahan-bahannya sederhana sekali hanya tepung dan mentega, kata Amih ini kue orang kampung gak pakai susu, butter dll. Tapi saya sukaaaaaaa sekali jadi teringat saat masih kecil pasti Amih selalu membuat ini dan menyisakan 1 toples untuk saya bawa pulang ke Bandung . Tapi dengan bertambahnya usia Amih sudah jarang membuatnya, dan karena rinduuuuuuuu camilan ini saya 'terpaksa' membuatnya sendiri



Bahan :

150 gram mentega
  50 gram gula halus
    2 butir kuning telur
250 gram tepung terigu
    1 sdm tepungmaizena
 1/2 sdt vanilla
    2 sdt bubuk coklat


Cara Membuat :
  1. Mentega dan gula halus dikocok sampai lembut, lalu masukkan kuning telur kocok lagi sampai tercampur rata,
  2. Masukkan tepung terigu, maizena dan vanilla aduk rata
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian
  4. Bagian yang satu diberi bubuk coklat lalu aduk rata
  5. Adonan putih dan coklat di susun bergantian membentuk persegi panjang lalu dipotong-potong
  6. Setelah adonan dicetak, atur dalam loyang dan panggang dengansuhu 170C selama 20 menit



notes : setelah browsing kesana kemari ternyata nama kue seperti ini adalah kue domino selama ini saya taunya kue dadu 

Senin, 28 November 2011

Boboco (Bola-bola Coklat/Choco Ball)

Hari Minggu kemarin alhamdulillah Haura sudah agak baik kondisinya, sudah tidak demam tapi masih batuk dan pilek. Tapi sepertinya Hanif ketularan , badannya demam dan sudah mulai batuk pilek T___T. Akhirnya merasakan juga punya 2 balita yg 'katanya' kalau 1 sakit pasti sakit semua. Semoga cepat sembuh ya sayang....

Sore-sore ingin makan camilan tapi sama sekali tidak ada ide apalagi dengan harus berlama-lama di dapur. Siang itu saya lihat masih ada 1 bungkus kue marie di dalam lemari makan, saya tengok kulkas masih ada juga stock susu kental manis. Diputuskan lah membuat bola-bola coklat yang pengerjaannya gampang, simple dan tidak memakan waktu banyak. 

Saat Haura bangun sore hari ia sangat bersemangat sekali melihat boboco yg telah aku tusuk dengan foodpick tapi saat gigitan ke-2 ia katakan "gak enak mam, aku gak suka" #jlebbbb . Aku coba rasakan seertinya tidak ada yg salah dengan boboco, Papapna Haura juga katakan enak dan akhirnya kami berdua yang menghabiskan ^_^ hohohohoho. Sempat sedih Haura tidak mau makan tapi saat saya tanya gak enaknya itu bagaimana jawabnya 'pahit mam' ... oalahhh kan lagi sakit maklum aja deh kalau gitu *ngunyah boboco*. Tapi Haura tau aja deh ini camilan gak sehat , lebih seneng nyamil buah Pisang daripada bococo nya mamam :p





Bahan:
200 gr biskuit marie regal, dihaluskan
  50 gr kacabg mete, dihaluskan1 sdm mentega
           susu coklat kental manis

Cara Membuat :
- Bahan-bahan yang kering disatukan lalu ratakan
- Masukkan susu kental dan mentega. Adukaduk rata
- Ambil adonan, lalu pulungi bulat-bulat menjadi sebesar bola ping pong,gulingkan ke dalam meses.
- Simpan dalam lemari es sekitar 30 menit.



Jumat, 25 November 2011

Seblak Basah

WARNING !!! ini bukan snack sehat ya *celingukan lirik kanan kiri*  tapiiiii saya suka !!! Biasanya yang jual di sekolahan SD dan tentu dengan vetcin yang banyakkkk... Tiba-tiba kangen pengen makan Seblak Basah yg pedessssssssssss....suasananya pas banget.. sore hari hujan dan krucils masih tidur....aman terkendali lah pokonya.

Bahan utama seblak adalah kerupuk kanji sumbersari (yg warna orange biasanya teman makan bubur ayam) berhubung di sini tidak ada sementara harus puas dulu dengan kerupuk kanji biasa. Oiya sampai sekarang saya tidak athu arti dari seblak, ada yang tau ??? Sepengathuan saya seblak itu terbagi dua ada yang kering ada yg basah, kalau yg kering kerupuk kanji digoreng tapi tidak mengembang (bantet) alu diberi bumbu cabe kering nah kalau yg basah ini kerupuknya direndam dengan air sampai basah dan mengembang lalu diberi bumbu.

Bahan :
100 gram kerupuk kanji sumbersari
    2 siung bawang merah
    1 siung bawang putih
    5 buah cabe rawit
       kencur (sedikittttttttt)
       daun bawang
       garam dan gula putih secukupnya
       minyak goreng secukupnya
       air secukupnya

Cara : 
  1. Didihkan air lalu masukkan kerupuk kanji dan diamkan sampai merekah lalu sisihkan
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan kencur yg sudah dihaluskan dengan minyak goreng
  3. Setalah bumbu harum masukkan kerupuk 
      

Tumis Pepaya

Beberapa hari ini Haura sedang demam dan batpil, sudah bisa ditebak dong dia lagi GTM (Gerakan Tutup Mulut) ... duhhh kalau anak gak mau makan bikin stresssssssss. Tapi teringat kata-kata Pak Wied Harry "Selama sakit dan beberapa hari  setelah sakit tubuh kita secara alami melambatkan proses mencerna. Sistem metabolisme sedang difokuskan untuk proses penyerapan dan asimilasi (pemanfaatan nutrisi untuk membangun sel) untuk pemulihan. Ini proses wajar sebagai bagian dari self-healingyang dilakukan oleh tubuh. Karena itu nafsu makan juga surut" .... ok noted !

Satu hal yang saya jaga saat sedang demam adalah menjaga asupan cairannya agar tidak dehidrasi, lalu pada saat saya tanya "Kak, mau makan apa ?" jawabnya "Aku mau mie" duhhh mengingat mie itu kaya akan gluten saya coba tawar "Bihun aja ya kak?" eh dia mau.......... Saat buka kulkas saya melihat ada buah pepaya muda yg rencananya akan dimasak menjadi lontong sayur. Hmmmm *mikir* saya jadi teringat dulu pernah dikirimkan masakan oleh Mbak Mei/ Ummi Fadhil (tetangga dekat rumah) tumisan buah pepaya muda dan rasanya mirip soun sampai saya pun tidak sadar kalau itu buah pepaya.  

Dan ternyata Haura pun tidak sadar kalau itu adalah buah pepaya, ia pikir bihun seperti biasa :p *yesssss* , oiya ini tumisan versi Mamam+Papapnya krn pakai cabe keriting kalau yg haura tidak diberikan cabe keriting.


Ingredients : 

300 gram buah pepaya muda diserut
100 gram udang kupas
    6 buah kacang panjang dipotong 2-3cm

    3 siung bawang merah diiris
    1 siung bawang putih diiris
    1 buah cabe keriting (untuk anak-anak tidak digunakan)


Direction :

  1. Buah pepaya muda yg telah diserut direndam dengan air garam lalu 'dibenyek-benyek" 8bingung bahasanya* agar getahnya keluar lalu tiriskan
  2. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe keriting sampai harum lalu masukkan udang 
  3. Setelah udang berubah warna masukkan kacang panjang lalu pepaya muda
  4. masukkan garam, gula putih dan merica secukupnya




    

Kamis, 24 November 2011

Cheeseoat Cookies

Sudah lama gak bikin cookies untuk Haura apalagi melihat 'koleksi' cutter yg hanya menuh-menuhin laci dapur karena kurang termanfaatkan :p *nyengir* 
Rencana membuat adonan saat anak-anak tidur siang tapi sebelumnya sudah dipersiapkan bahan-bahan sesuai takaran hasil bertapa semalaman :)wkwkwkwk

Saat itu jam 13.30 WITA... duh ini 2H gak tidur-tidur... Haura sibuk nyanyi, Hanif sibuk guling-guling *gigitbantal* dan sampai akhirnyaaaaaa jam dinding menunjukkan waktu 14.30 WITA ... zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz.. 2H KO (baca : tertidur pulas) yesss.. saatnya baking ^_^

Adonan sudah jadi tinggal dicetak tiba-tiba terdengar tangisan Hanif ..... fuihhhhh.... masuk dulu kamar deh buat menyusui, krn gak selesai-selesai menyusunya saya malah ikut tertidur T____________T  saat bangun reflek langsung loncat menuju dapur dan buru-buru mencetak cookies. Baru cetak 3 buah cookies eh Haura bangun minta bantuin membuat cookies yang kadang sih sebenernya malah bikin tambah lama ... sabarrrr...sabarrrr *elusdada* ... taraaaaa siap dipanggang....tapi masih harus memanaskan oven duu, baru 1 menit menyalakan oven Hanif bangun dan mau menyusu lagi *lap keringet*. Dengan sangat terpaksa oven dimatikan dulu , manggang cookiesnya ditunda. Setelah Hanif tertidur lagi kembali ke dapur untuk memanggang, yihaaaaaaaaaaaaa cookies berhasil matang dengan sempurna dan Haura langsung menghabiskan 5 buah cookies *jogedjoged*.

Berhubung "reflektor" (--->padahal kardus dipasangin alumunium foil) :) raib entah kemana dan matahari sama sekali gak bisa dikejar jadinya pencahayaan di fotonya acakadul ... mau diretouch pake sotosop gak bisa, nyolek-nyolek suhu Niken Pratiwi gak nyaut-nyaut.... ya sudahlah seadanya aja yaaaaa... maappp T_____T


tuh kannnn... hancur fotonya T_____T gelapppp sebelah 

Oiya bingung mau dikasih nama apa cookies ini karena ada keju dan oat jadinya Cheeseoat Cookies .... ( pake bahasa enggres biar keren *tsahhhhh)

Happy Healthy Baking ^_^



Ingredients : 
150 gram butter unsalted
  75 gram tepung gula
    1 sdt vanili
    1 butir kuning telur ayam kampung
  25 gram tepung maizena
125 gram tepung terigu protein sedang atau rendah
150 gram tepung havermut/oat (diblender halus)
100 gram keju parut

Direction :
  1. Kocok butter, tepung gula dan vanili sampai merata
  2. Masukkan telur aduk rata
  3. Masukkan secara bertahap campuran tepung terigu, maizena, tepung oat dan aduk rata
  4. Cetak adonan
  5. Panggfang dengan suhu 160 derajat celcius hingga kue matang dan dinginkan



Sabtu, 19 November 2011

Cake Tape Kismis

Beberapa hari yang lalu betapa kagetnya saya mendapati kalau saya di tag oleh Pak Wied Harry yang memberikan tantangan untuk merenovasi resep Cake Tape agar lebih sehat tapi tetap enak dimakan. Semangat sekali ingin ikut tapi saat itu saya sempat bingung dimana dapat tape singkong/peuyeum disini, iseng hari Kamis yang lalu saya pesan tukang sayur dan yipeeeeeeee akhirnya saya dapat tape singkong *jogedjoged* ^__^.


Berikut tantangannya 

.:MariRenovasi:. [CAKE TAPE] Ada resep cake tape saya comot dari internet. (Sebenarnya yg ini paling kurang nakal dibanding resep lain yg saya temukan.) Tugas kita adalah merenovasi resep ini, shg menjadi hidangan enak yg (jauh lebih) sehat & alami. Sanggup kan? Yuk kita bareng-bareng melakukannya. Resep renovasi dan hasil jadinya, nanti di-tag ke saya ya... dan jg ke teman2 lain. Siap? (Saya akan pajang resep dan hasil jadinya pd hari Sabtu 19/11/2011.)

PETUNJUK WIED HARRY:
1. Gula adalah karbo sederhana jahat. Saran: minimalkan atau dibuang sama sekali dari resep.
2. Tepung terigu adalah tepung berlimpah gluten, jenis protein sulit cerna (butuh waktu cerna 3x24 jam). Saran: minimalkan sumbangan gluten atau buat tanpa gluten.
3. Margarin sumber lemak trans, jenis lemak jahat yg mudah menaikkan kadar trigliserida - yg akan berakibat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Saran: tidak digunakan, coret margarin dari daftar belanja.
4. Bisa melakukan langkah lain selain petunjuk di atas.

Ini resepnya:

150 ml santan, dari 1/4 butir kelapa
5 lembar daun jeruk
5 butir telur
125 g gula pasir
300 g tape singkong, buang seratnya, haluskan
150 g tepung terigu
1 sdt kulit jeruk lemon parut
2 sdm margarin, dilelehkan

1. Didihkan santan dan daun jeruk, angkat, buang daun jeruk, sisihkan hingga dingin.
2. Kocok telur dan gula pasir dg mikser kecepatan tinggi hingga mengembang.
3. Masukkan tape singkong halus, kocok dg mikser kecepatan rendah hingga rata.
4. Masukkan tepung terigu dan kulit jeruk lemon parut, aduk rata dg spatula.
5. Tambahkan santan dan margarin leleh, aduk rata.
6. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dalam oven 180 oC hingga masak (25 menit)


*mikirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr* (ceritanya mikirnya lama banget) , harus diapakan ya ini resepnya *garukgarukkepala* sudah 2x bikin cake blackforest saja 2x 'melentung' gak jelas tapi anehnya kalau saya membuat cake sehat alias healthy cake prosentase 'gagal'nya kecil :p hihihi

Setelah hasil bertapa beberapa jam, resep di atas saya renov menjadi seperti ini 


Bahan-bahan :
150 ml santan
    5 lembar daun jeruk
    5 butir telur
  75 g gula pasir
  50 g kismis
300 g tape singkong, buang seratnya, haluskan
100 g tepung hunkwe
  50 g tepung beras putih
    1 sdt kulit jeruk lemon parut
  50 ml minyak goreng

Cara :
1. Didihkan santan dan daun jeruk, angkat, buang daun jeruk, masukkan dan rendam kismis ke dalam santan, sisihkan hingga dingin.
2. Kocok telur dan gula pasir dg mikser kecepatan tinggi hingga mengembang.
3. Masukkan tape singkong halus, kocok dg mikser kecepatan rendah hingga rata.
4. Masukkan tepung hunkwe dan kulit jeruk lemon parut, aduk rata dg spatula.
5. Tambahkan santan dan minyak goreng, aduk rata.
6. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dalam oven 190 oC hingga masak (35 menit)

dannn hasilnya ... taraaaaaaaaaaaaaaaaa....




Untuk tepung terigu saya ganti dengan tepung beras dan tepung hunkwe, untuk gulaputih saya belum hilangkan tapi dikurangi dan untuk menambah rasa manis saya dapatkan dari kismis. Dan untuk margarin saya ganti dengan minyak goreng ^_^ .. Para suhu, master baking mohon koreksinya yaaa kalau-kalau resep "jadijadian' saya ini ada kesalahan :)hehehe *nyengirkuda*



Kata 'mantanpacar' rasanya seperti bika ambon, mungkin dari santan dan daun jeruknya kali ya. Saat dipanggang pun rumah jadi semerbak wangi daun jeruk "hmmmmm harum banget mam" kata Haura. Enak disantap saat masih hangat kalau sudah dingin jadi agak 'biasa' rasanya T___T pokonya lebih maknyosss saat hangat "fresh from d'oven'.

Sebaiknya dipanggang dengan loyang kecil-kecil saja rasanya lebih krius.. duh lebih apa ya bahasanya ... bingung mengungkapkannya :p . Yang pasti kemarin sore itu langsung ludesssssssssssss ^_^

Happy cooking ^_^