Laman

Rabu, 15 Oktober 2014

Angeun Kacang Beureum

Yang bingung sama judulnya ayo tunjuk tangan :) Makanan apa ya ini?  Yg pasti bukan Japanese food lah yaaa :p wkwkwkwk

Angeun = sayur
Kacang = pada tau dong yaaa
Beureum = merah

Jadi dalam bahasa indonesia yg baik dan benar Arti angeun kacang beureum adalah sayur kacang merah. Yess ini makanan dari tanah priangan...  Sebagai orang barat, maksudnya jawa barat #ehm mungkin tau dengan masakan satu ini. Yang paling saya inget kalau sedang liburan ke Garut, alm Amih (baca: nenek) suka dengan sayur satu ini. Cara makannya dengan nasi goreng bawang dan tidak lupa cengek (cabe rawit) dicocol garam. Awalnya saya aneh aja kalau lihat alm Amih makan ko ya cengeknya dicocol garam tapi pas ikut nyoba ternyata enak. Nah kalau nasi goreng bawangnya itu mungkin Memanfaatkan nasi kemarin yg tidak habis, maklum lah jaman dulu kan belum ada magic com atau magic jar. Jadi cara membuatnya pun gampang hanya tumis bawang merah, nasi dan sedikit garam.

Angeun kacang juga nikmat kalau disantap bareng ikan asin sepat dan sambel terasi plus jangan lupa nasi hangat. Dijamin susah untuk berhenti makan kalau menu yang satu ini. Jadi inget juga Amih kan memang punya darah tinggi kadang suka curi-curi makan ikan asin persis kaya anak kecil. Tapi memang bener loh ikan asin dan sambal terasi itu jauh lebih enak dari steak paling mahal sekalipun.

Oiya ada lagi nih yg lucu kalau Amih masak angeun kacang pasti yg habis duluan kuahnya dan bersisa kacang merahnya. Kalau sudah begitu kacang merahnya ditumis dengan bawang merah sampai kering dan ini juga enakkkk.
Hiks.... Jadi kangen Amih... Salah satu bidadari dunia, tidak pernah marah hanya bisa sabar dan ibadahnya yang sangat rajin tidak pernah terlewat shalat sunah apalagi wajib. Puasa senin kamis nya juga rajin sekali. Alhamdulillah saya salah satu cucu yg beruntung sempat menemani memeluk beliau di hembusan nafas terakhirnya.




Bahan :
200 gr kacang merah
100 gr tetelan/urat daging sapi potong kecil
    3 siung bawang merah dihaluskan
    1 siung bawang putih dihaluskan
    1 buah cabe merah dihaluskan
  1.5cm Laos digeprak
    2 lembar daun Salam
       daun bawang iris secukupnya
       Garam,Gula merah, merica secukupnya

Cara Membuat :
1. Rebus tetelan daging sapi dan kacang merah sampai empuk
2. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe merah yg sdh dihaluskan lalu Masukkan ke dalam rebusan.
3. Masukkan daun Salam, Laos, daun bawang, garam, Gula merah dan merica
4. Rebus sampai matang

Rasa dari angeun kacang merah ini manis gurih, Gula merah dimasukkan agak banyam tapi tergantung selera masing-masing juga...

Selamat mencoba yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar