Laman

Kamis, 02 Agustus 2012

'Pepes' Tahu Udang

Awalnya mau bikin pepes tahu tapi tukang sayur lupa bawa daun pisang, tetangga sih ada yang punya pohon pisang tapi kayanya kaki lagi susaaaaah banget keluar dari rumah... panass banget di luar apalagi sudah hampir 2 minggu tidak hujan.

Jadilah memanfaatkan bahan dan barang yang ada saja hanya tinggal cemplang cemplung, aduk-aduk  lalu kukus selesai dehh. Haura dan Hanif suka banget loh tadi siang masing-masing menghabiskan 2 cup , langsung ludes tak bersisa ... 


Bahan : 
2 buah tahu putih hancurkan
1 buah telur ayam
1 buah wortel diparut
4 ekor udang ukuran besar dicacah halus
1 siung bawang putih dihaluskan
1 buah serai diiris
   kemangi secukupnya
   garam dan gula secukupnya (dikiiiiiiiiiiit banget)


Cara membuat : 
Campur semua bahan menjadi satu lalu kukus selama 20 menit dan sajikan ^_^ 


simple kan ??




Manfaat Tahu : 

- Kaya protein dan bebas kolesterol. Kualitas protein tahu hampir sama hebatnya dengan daging dan susu. Juga, tidak seperti banyak sumber protein lainnya, tahu memiliki kandungan lemak jenuh rendah dan bebas kolesterol.

Tiap 100 gram tahu dapat mengandung sekitar 6 – 10 gram kandungan protein yang memenuhi 18% kebutuhan tubuh akan protein (bergantung pada jenis tahu. Tahu padat lebih kaya akan protein dibandingkan tahu sutra).

- Sumber energi. Tahu merupakan sumber zat besi yang baik. Tiap 100 gram tahu menyediakan 30% dari yang dibutuhkan tubuh per hari. Nah, zat besi dalam tahu ini bersatu dengan hemoglobin di dalam tubuh yang membantu proses perputaran dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh yang kemudian menghasilkan energi baru. Tahu juga mengandung 10% kebutuhan tubuh akan zat tembaga. Mineral ini dibutuhkan tubuh agar zat besi dapat bekerja baik di dalam sel darah merah.

- Dapatkan kandungan kalsiumnya. Para ahli bahkan menyarankan mengonsumsi tahu untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Kalsium pada tahu dapat memenuhi 10% kebutuhan tubuh akan kalsium, yang dapat mencegah penyakit berhubungan dengan tulang. Penelitian terakhir bahkan menyebutkan bahwa isoflavon dalam tahu dapat memperkuat kepadatan tulang
(sumber : parenting.co.id)






5 komentar:

  1. ide bagus nih pake cup ya...pasti lebih menarik bagi anak2 daripada pake daun pisang ...^^

    BalasHapus
  2. gara-gara gak dapet daun pisang di tukang sayur eh ternyata anak-anak malah tambah semangat makannya :)

    BalasHapus
  3. bunda,,kalau untuk baby 10mos bisa kan ya tinggal diilangin gulgarnya? trus kukus pake HC bisa kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa mba Meyha tingga dihilangkan gulgar dan kukus pakai HC

      Hapus
  4. Mbak, izin simpen resep2nya yah, lagi matigaya masakin apa buat si krucil T-T
    untung nemu blog ini, resep2nya gampiiil *kayaknya,hehe..
    btw, poto2nya kereeeennnn ^^d

    BalasHapus