Laman

Senin, 27 Agustus 2012

Kebiasaan Minum Teh Sehatkan Jantung

KEBIASAAN minum teh terbukti dapat melarutkan plak lemak dalam pembuluh darah, demikian kesimpulan para peneliti dari Erasmus University Medical School, Rotterdam, Belanda. Para peneliti memantau 3.500-an orang responden selama 2-3 tahun. Mereka yang minum 1-2 cangkir teh tiap hari mengalami penurunan risiko penyakit jantung koroner sebanyak 46%. Sementara yang biasa mengonsumsi 4 cangkir atau lebih setiap hari mengalami penurunan risiko 69%. Pengaruh positif ini tampaknya lebih nyata terjadi pada wanita. [Archives of Internal Medicine, Oct. 11, 1999]




ULASAN WIED HARRY:
[1] Tak soal seberapa pekat pun teh yang Anda buat. Yang penting, tidak dikonsumsi bersama bahan makanan lain yang mengurangi manfaat sehatnya, terutama gula dan makanan mengandung bahan tambahan sintetis (biskuit, crackers, dll). Manfaat sehat teh hanya muncul jika diminum tawar. Jika perlu 'teman' untuk minum teh, pilih makanan kukus/rebus yang dekat dengan bentuk alaminya (slow food), misalnya ubi kukus, jagung rebus, kedelai rebus (edamame), dll.
[2] Teh mengandung tanin, yang merangsang produksi asam lambung. Jika Anda memiliki gangguan lambung (maag), sebaiknya tidak minum teh ketika perut kosong. Minumlah teh setelah menyantap makanan lain, terutama slow food - penjelasan [1]. Minumlah teh seteguk demi seteguk, agar teh mempunyai kesempatan bercampur dengan enzim air ludah, sehingga tidak terlalu merangsang produksi asam lambung.
[3] Teh serpih mungkin lebih aman daripada teh celup, karena kertas pembungkus teh celup mungkin diprosespucatkan (bleaching) dengan menggunakan bahan kimia sintetis klorin.
[4] Pada orang yang sensitif, minum teh bisa menyebabkan gangguan tidur - karena kandungan tein-nya meningkatkan kerja jantung. Untuk itu, sebaiknya mulai kebiasaan minum teh dengan konsentrasi rendah dulu, selanjutnya ditingkatkan kepekatannya sampai batas nyaman.
[5] Karena tidak disebutkan secara spesifik, jenis teh yang diteliti dalam hasil riset tersebut adalah teh hitam - yakni teh yang sehari-hari kita seduh dan minum.

sumber : wied harry

2 komentar: