Laman

Sabtu, 29 September 2012

Sambal terasi (ala Jatim)

Jreng-jreng akhirnya kita sampai ke peserta parade sambal terakhir, sebelumnya kita sudah coba Sambal Matah, Sambal Tomat dan Sambal Raja. Sekarang kita akan coba sambal terasi ... dalam kamus masak dapur mamam (aihhh gaya betulll) ada 2 jenis sambal terasi 1. sambal terasi ala sunda dan  2.sambal terasi ala Jatim. Perbedaannya di penggunaan gula dan proses penggorengannya , pada resep yang ala sunda memakai gula merah dan bahan-bahan digoreng terlebih dahulu sebaliknay kalau yg ala Jatim memakai gula putih dan bahan diulek dahulu sampai halus baru digoreng.





Bahan :
10 buah cabe merah keriting
10 buah cabe rawit
  2 siung bawang putih
  4 siung bawang merah
  2 buah tomat
  1 sdt terasi
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt air asam jawa
      minyak untuk menumis

Cara Membuat : 
  1. Ulek cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, tomat, terasi sampai halus (tergantung selera agak kasar juga gak masalah)
  2. Masukkan garam dan gula putih
  3. Panaskan minyak lalu tumis sambal sampai matang, sebelum matang jangan lupa masukkan air asam jawa 

1 komentar:

  1. di daerahku dulu, mojokerto, juga di sidoarjo (asal suamiku), sambal terasi ada buaanyak banget versinya. yang jeng julia sebut sambal sunda (digoreng dulu baru diulek), juga ada di jawa timur, kami kenal dengan nama sambel mateng (tapi tanpa gula merah). sedangkan yang diulek dulu baru ditumis, namanya sambel bajak, biasanya ditambah daun salam dan sedikit lengkuas, ada versi lain juga yang ditambah sama sereh :)

    BalasHapus