Laman

Sabtu, 29 September 2012

Sambal Raja

Sambal Raja adalah salah satu makanan para Raja pada masa kerajaan di Kutai Kertanegara Kalimantan Timur. Sambal ini biasa dinikmati dengan nasi hangat atau Nasi Bakepor yang lagi-lagi khas dari Kaltim hanya sayang sekartang makin sulit mendapatkan makanan khas yang satu ini.
Ada sat tempat yang sangat terkenal di daerah Smarinda yang masih menyediakan makanan khas Kalimanta Timur , nama tempatnya Warong Selera Acil Inun. Suat saat nanti kalau saya ke Samarinda pokonya harus wajib hukumnya makan disana :)

Sambalnya adalah sambal blacan/trasi bernuansa asam karena diberi kucuran jeruk cina (disebut jeruk kunci di Pontianak, limau kasturi di Medan, dan lemon cui di Minahasa). Selain memberi rasa asam, jeruk cina juga mencuatkan aroma harum. Selain rasa asam yang tipis, sambal raja juga harus bernuansa manis dan tidak perlu terlalu pedas. Biji cabenya dibuang, sehingga kesan umumnya memang adalah sambal yang mulus. Sambal ini ditumis dengan minyak hingga mengkilat dan tanak.
Sambal ini menjadi lebih istimewa setelah disajikan dengan berbagai aksesori pendampingnya, yaitu: telur rebus yang dicincang, dan berbagai sayuran – kacang panjang, terong, bawang merah – yang digoreng.(sumber : top kuliner )






Bahan : 

10 buah cabai tiung (rawit) atau sesuai selera
10 buah cabai merah besar
1 buah jeruk cina (limau kasturi, lemon cui)
Trasi secukupnya
Gula dan Garam secukupnya

Bahan pendamping :

5 helai kacang panjang, potong 2 cm
1 buah terong ungu, potong dadu 1 cm
10 butir bawang merah, belah 4
2 butir telur ayam, rebus, kupas, cincang
3 sdm minyak sayur

Cara membuat :

Goreng kacang panjang, terung dan bawang merah sebentar dengan minyak panas.
Cabai dihaluskan dengan trasi, garam, dan gula. Bubuhi sambal dengan perasan jeruk cina. Tumis sambal dengan minyak sayur.

Rajang halus kulit jeruk, campurkan ke dalam sambal. Sajikan sambal di tengah cobek, dikelilingi oleh telur rebus, bawang, terong, dan kacang panjang.

Sajikan dengan nasi hangat dan lauk.

sumber : resep masakan

1 komentar:

  1. Aku udah krm message via FB. Trs aku google ketemu. Makasih soalnya mau update cerita di blogku

    BalasHapus