Laman

Jumat, 16 November 2012

Nasi Goreng Pete / Nasi Goreng Petai

Berawal dari banyaknya permintaan pete alias petai di Bebek Belur, beberapa orang ada yang menikmatinya dengan cara di goreng / bakar. Beberapa kali memperhatikan juga para pelanggan yang dengan nikmatnya melahap pete yang sudah dicolek dengan sambal lalu dicampur dengan nasi dan bebek goreng. Langsung yang terbayang adalah kamar mandi pasti bau semerbak tiada tara :D
Image si pete dan jengkol ini kayanya gimanaaa gitu yaaa, ada nih ya teman yang doyan pete dan beberapa teman yang lain tahu "ih cantik-cantik doyan pete" tuh kannnn kesannya menyukai makanan yang satu ini itu aib padahal engga juga loh. Tapi saya pribadi memang gak suka pete karena takut bau, jadi sebelum mencoba si pete ini sudah takut duluan ceritanya.


Satu malam lagi nongkrong alias 'ngawasin' Bebek Belur iseng sama suami untuk mencoba pete goreng yang memang jadi salah satu favorit menu disana, ya kan lucu aja kita yang jual malah belum nyoba :D hihihi 
Butiran pete pertama 'kressss' dikunyah pelan-pelan bareng sambel, nasi & ayam goreng kampung, dirasa-rasa, dinikmati lalu ditelan.. WOWWWW ternyata ada sensasi rasa tersendiri dan akhirnya kami berdua menghabiskan 1 papan pete *bekepmulut* . Ternyata pepatah 'tak kenal maka tak sayang' itu benarrrrr adanya :)hihihi Pengalaman makan pete kami saat itu menghasilkan aroma kamar mandi yang aduhai sehingga membuat stock karbol menipis :p Tapi sekarang dah engga lagi dong habis makan pete supaya gak bau itu tipsnya makan jengkol :) qiqiqiqi (boong deng) , ada beberapa tips ada yang bilang memakan mentimun, minum kopi, gosok gigi dll. Karena tingkat parno yang sangat tinggi setelah makan pete saya melakukan semuanya ditambah selama 2 hari berturut-turut mengunyah permen karet happydent kalau ngobrol sama orang :) #krisispercayadiri

Nah akhirnya iseng deh mencoba membuat Nasi Goreng Pete ternyata rasanya enak dan seperti biasa ritual setelah makan pete tetap dilaksanakan untuk mencegah polusi udara ^__________^

Bahan :
150 gr nasi putih
    3 sdm minyak goreng
    1 butir telur ayam
    2 siung bawang putih geprak dan cacah halus
    1 buah cabe merah diiris tiois
    5 butir pete dibelah dua
       daging ayam suwir
       daun sawi & kol secukupnya
    1 sdm saos tiram
    3 sdm kecap manis
       garam, gula putih dan lada secukupnya

Cara Membuat :
  1. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih sampai harum lalu cabe merah 
  2. Masukkan telur lalu orak-arik sampai matang
  3. Masukkan nasi putih, daging ayam suwir, cabe merah, sawi, kol, dan pete aduk sampai tercampur
  4. Masukkan saos tiram, kecap manis, garam, gula dan lada lalu aduk rata
  5. Sajikan ^_^  
Postingan ini dibuat dalam rangka ikut Monthly Event #16  RAGAM NASI GORENG di Pawon Ibu 




Info Nutrisi : 

Pete / Petai (Parkia speciosa)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan : Plantae
Divisi       : Magnoliophyta
Kelas       : Magnoliopsida
Ordo       : Fabales
Famili      : Fabaceae
Upafamili : Mimosoideae
Genus      : Parkia
Spesies    : P. speciosa

Nama binomial
Parkia speciosa


Manfaat Pete / Petai
  1. Manfaat Petai Sumber Energi Dibanding apel, petai memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Petai merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji. Petai mengandung tiga macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tersebut mampu memberikan dorongan tenaga instan, tetapi cukup lama dan cukup besar efeknya.
  2. Kandungan fosfor pada petai juga cukup baik, yaitu 115 mg per 100 g biji. Fosfor merupakan mineral kedua terbanyak setelah kalsium. Kurang lebih satu persen berat tubuh kita terdiri dari fosfor. DNA dan RNA di dalam tubuh kita terdiri dari fosfor dalam bentuk fosfat, demikian juga membran sel yang membantu menjaga permeabilitas sel. Sebagian besar fosfor diserap tubuh dalam bentuk anorganik, khususnya di bagian atas duodenum hingga 70 persen.
  3. Petai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 46 mg per 100 g biji. Vitamin C sangat penting perannya dalam proses hidroksilasi asam amino prolin clan lisin, menjadi hidroksiprolin clan hidroksilisin. Perannya adalah dalam proses penyembuhan luka serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan stres. Rata-rata kebutuhan tubuh akan vitamin C adalah 75 mg per hari pada wanita dan 90 mg per hari. pada pria dewasa.
  4. Kandungan vitamin A pada petai juga cukup baik, yaitu 200 IU per 100 g. Vitamin A berperan menjaga agar kornea mata selalu sehat. Mata yang normal biasanya mengeluarkan mukus, yaitu cairan lemak kental yang dikeluarkan sel epitel mukosa, sehingga membantu mencegah terjadinya infeksi. Namun, bila kekurangan vitamin A, sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut dalam air dan mukus.
  5. Turunkan Risiko Kematian Akibat Stroke Petai juga mempunyai manfaat lain yang luar biasa. Jika mengalami PMS (premenstrual syndrome), yaitu sindroma menjelang datangnya menstruasi, seseorang tidak perlu minum tablet apa pun, cukup atasi dengan makan petai.
  6. Vitamin B6 yang dikandung petai dapat mengatur kadar gula darah, sehingga akan membangkitkan mood dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi (1,2 mg/ 100 g), petai juga dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.
  7. Kandungan serat dietary fibers yang tinggi membuat petal sangat balk untuk saluran pencernaan. Petal digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung. Petai memiliki efek antasid pada tubuh, sehingga bila dada Anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan petal untuk mengurangi sakitnya. Petai juga sangat baik untuk menjaga suhu tubuh. Banyak budaya lain yang melihat petai sebagai buah "dingin" yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. (sumber : Wikipedia)





1 komentar:

  1. saya termasuk yang suka banget sama peteee :D
    kalo nasgor ini, wah udah pasti suka banget
    tapi berani makannya kalau libur agak panjang, kayak belakangan ini, nggak pergi kemana2 karena post makan pete, hihi

    BalasHapus