Laman

Sabtu, 17 November 2012

Puding Kurma

Iseng ubek-ubek foto ternyata nemu foto jadul saat bulan Ramadhan kemarin, foto puding kurma yang menggunakan bahan dasar roti. Ini salah satu 'makanan pokok' atau bisa disebut cemilan berat karena rasanya yang manis kami tidak terlalu suka (maklum saja sudah manis) (apasiiiiiiii).


Bahan :

2 lembar roti tawar
1 buah telur ayam
   kurma (sesuai selera) sebagian dihaluskan sebagian diiris untuk toping
   susu UHT/kedelai secukupnya 
   parutan keju sebagian dicampur ke adonan sebagian lagi untuk toping

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven 180C
  2. Aduk rata semua bahan sampai tercampur rata
  3. Olesi loyang/pinggan tahan panas dengan minyak goreng
  4. Tuang adonan ke dalam loyang/pinggan tahan panas
  5. Panggang selama 15 - 20 menit ^_^

Info Nutrisi 

Kandungan nutrisi kurma
Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel di samping menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma.
Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.
Khasiat buah kurma
  1. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  5. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang. (sumber : majalah kesehatan)


.
.

4 komentar:

  1. Waah....ndak ada resepnya ya bu...hehe

    BalasHapus
  2. hihihi kmrn ke 'publish' , ini sudah di update :)

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah.....terimakasih bu.....:-)

    BalasHapus