Laman

Rabu, 31 Oktober 2012

Mie Hijau Raksasa

Nahhh awalnya gara-gara mau ambil jeruk yang disimpan di kulkas trus tanpa sengaja terlihat jamur kancing kalengan yang nongkrong dengan manis sudah 1 bulan... #mikirrrrrrr jadi kepengen masak mie ayam yang ada jamurnya ..yummmyyyyy.... Dulu ada tetangga yang jual mie ayam hijau #colek Ummi Rahman biasanya saya beli mie mentahnya saja , kuah ayamnya bikin sendiri tapi tampaknya saat ini 'terpaksa' harus bikin mienya nih... tapiii alat penggiling mienya gak punya #tepokjidattt  (Mengapa godaan saat rajin menyerang itu banyakkk T___T) 

Kalau ada yang bilang untuk urusan perut itu bisa bikin orang nekad .. yup terbukti.. Akhirnya nekad bikin mie homemade sendiri tanpa alat penggiling, pernah lihat di tv ada liputan cara membuat kwetiaw diiris-iris.. sippp kalau cuma ngiris mah gampangggg (pasang celemek). Setelah jadiiiii WOW ini mie segede alaihim gambreng :D hahaha dari bentuknya dimasukkan kategori  mie kayanya bukan, spaghety bukan, kwetiaw apalagi.... maklum saja digiling dan diiris manual jadi ya apa adanya Haura said "Mam (matanya sambil melotot), ini mie raksasa yaaa?" (mamam pasang senyum manis sambil nyengir) 

Nah karena terbantu si kuah dan tumisan ayam jamurnya yang enak (boleh dong muji diri sendiri)  si mie 'raksasa' ini jadi terasa enakkkkk banget, terbukti habis sampai kuah terakhir dan Papap+2H sukses kekenyangan makan mie segede gambreng ^_^








Resep dasar saya dapat dari Sajian Sedap , tapi dimodifikasi eh bukan deh saya rombak habis-habisan ^_^


Mie
Bahan :
400 gram tepung terigu protein tinggi
  50 gram kangkung  dan 30 ml air, diblender  (sayuran bisa diganti bayam, sawi dll)
  50 gram tepung terigu untuk taburan
    1 butir telur
    1 sendok teh garam 

Cara Membuat : 
  1. Aduk rata tepung terigu , kangkung , telur dan garam sampai bergumpal diamkan 15 menit
  2. Giling tipis adonan dengan rolling pin sambil ditaburi dengan tepung terigu sampai 3 ulangan dan agak tipis 
  3. Iris tipis-tipis adonan berbentuk seperti mie sambil taburi tepung terigu agar tidak lengket
  4. Untuk merebus jangan lupa air harus mendidih + 1 sdm minyak goreng 
  5. Masukkan mie basah sebentar sekitar 1-2 menit lalu angkat dan tiriskan 
bukti nyata, betapa nekadnya saya ^_^

Tumisan dan Kuah Ayam
Bahan :

500 gram daging ayam dipotong kotak-kotak kecil

    4 siung bawang putih
    1 siuang bawang bombay
       daun bawang secukupnya diiris 
200 gram jamur kancing kaleng 
       saos tiram secukupnya
       garam, gula putih dan merica secukupnya
    1 sdm minyak goreng
       air secukupnya

Cara Membuat : 

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum lalu masukkan potongan daging ayam lalu aduk sampai berubah warna
  2. Masukkan jamur, saos tiram, garam, gula, merica, daun bawang dan air. Masak sampai matang (karena sekalian dibuat kuah maka air dimasukkan agak banyak)

Sajikan Mie Hijau 'Raksasa' bersama tumisan kuah ayam, bawang goreng dan bawang daun

11 komentar:

  1. berarti ini terkahir bikin mie raksaksa ya jul, kan udah order pasta maker :-p gagal dong jadi bandar arisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahhhhh.... nantikan mie 'asli' berikutnya :) masih bisa jadi bandar tapi gw menang duluan :p

      Hapus
    2. gak masalah jul lu menang duluan gak apa2, jadi lu nih ya bandarnya

      Hapus
    3. bentarrr.. ini aja masih bingung pake si pastamaker *gigitpisau* masa tadi manual lagi bikin mie nya T___T *dudultothemax*

      Hapus
    4. mantab
      http://anekabenih.blogspot.com/2014/08/cara-membuat-telur-ceplok-dengan-kentang.html

      Hapus
  2. heuheuheu rajiiin.. gw ngeliatnya dah sakit pinggang duluan :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. terpaksa Makkk dan demi memenuhi 'ngidam' *ups* bikin gosip :p

      Hapus
    2. mantab
      http://anekabenih.blogspot.com/2014/08/cara-membuat-telur-ceplok-dengan-kentang.html

      Hapus
  3. Balasan
    1. bentuknya lebih dahsyat dari udon sepertinyah :)

      Hapus
  4. menunya lengkap,,,,siiip
    http://anekabenih.blogspot.com/2014/08/cara-membuat-telur-ceplok-dengan-kentang.html

    BalasHapus