Laman

Selasa, 02 Oktober 2012

Sup Tulang (Malaysia)

Pertama makan Sup Tulang ini saat  liburan lebaran di Kuala Lumpur tahun 2004 di rumah  Pak Udin teman Yagkungnya Haura yang sama-sama orang Indonesia, rasanya enakkkkkkkkk banget makanya saya ingat sampai sekarang ... apalagi setelah dimasukan sambal rasanya jadi pedas, asam dan manis. Biasanya di Indonesia menyajikan sambal, kecap dan jeruk nipis terpisah tapi saat itu sambal (cabe rawit halus), kecap dan jeruk nipis sudah dicampur jadi kita hanya tinggal tuang saja gak repot tuang kecap, peras jeruk nipis dll.

Aroma rempah-rempahnya benar-benar terasa dan saat saya coba masak untuk suami tercintah eh ternyata juga doyannn, tapi saya modifikasi nih si sup tulangnya dengan tambahan sayuran kayanya kalau makan gak warna-warni kurang afdol.




Setalah bertanya dengan Bu Udin  ternyata beliau memasak dengan bumbu rempah ratus pantas saja rasanya  'unik' karena berhubung stock di rumahnya habis beliau cerita di supermarket banyak yang jual dengan berbagai merk tapi yang cukup terkenal Rempah Ratus Mak Siti. Berasa geli saya dengarnya ko yang kebayang 'ratus vagina' *tepok jidat* 

Bahan :  
1 kg tulang iga sapi
1 buah wortel
3 buah kentang ukuran sedang
   buncis secukupnya
   daun bawang dan seledri secukupnya
1 buah tomat
   minyak goreng
   bawang merah haluskan
   bawang putih haluskan
   air untuk merebus

Bumbu :
Rempah Ratus Mak Siti , isinya
kayu manis
lada hitam
lada putih
bunga lawang
rempah ratus (nah yang ini gak ngerti dari apa aja tapi bentuknya seperti jamu)


Pelengkap :
Cabe rawit dihaluskan
Kecap manis
Jeruk nipis

Cara Membuat : 
  1. Rebus tulang iga sapi sampai empuk (saya menggunakan presto selama 45 menit) lalu buang air rebusannya. Sisihkan tulang iga yang telah empuk
  2. Didihkan air lalu masukkan tulang iga sapi yang telah empuk
  3. Panaskan minyak lalu tumis bawang merah dan putih yang telah dihaluskan sampai harum lalu masukkan ke dalam air yang telah mendidih
  4. Masukkan bumbu rempah ratus 'Mak Siti'
  5. Masukkan potongan kentang , wortel, garam dan gula secukupnya
  6. Setelah kentang dan wortel empuk masukkan buncis, tomat, daun bawang dan seledri

ini nih si Rempah Ratus Mak Siti :)

7 komentar:

  1. bumbu rempahnya beli disono yeee?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya oleh2 dari sono, nyetok 1 keresek T____T kalo deket eike kirim deh bigung kagak habis-habis :p

      Hapus
  2. bumbu ratusnya beli dimana jul ? dirumah adanya buat ratus rambut sama *tuuut* doang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja dipake bikin sup sapa tau khasiatnya jadi double *toyorpalasendiri* hihihi

      kalo diperhatiin sih bumbunya cuma kayu manis, lada hitam, lada putih
      bunga lawang, tambah bwg merah n putih deh

      Hapus
  3. udah kebayang deh nikmatnya nih ^^

    BalasHapus
  4. mak jul selamat yah masuk 10 finalis semoga menang mbak..:)

    BalasHapus