Laman

Senin, 22 Oktober 2012

Pempek Adaan

Setelah beberapa kali selalu gagal membuat pempek apalagi pempek adaan, padahal resep sudah didapatkan dari buku resep, googling sampai dari wong kito galo (eh bener gak ya nulisnya) ..akhirnya dapat juga resep yg pas. Resep ini dari orang tua murid di sekolah PAUD Haura dulu *lupa namanya* , kejadiannya lucu baru pertama kenal lalu diajakin bikin pempek bareng eh lusanya si ibu yang baik hati itu pindah ke Jakarta. Bukan hanya pempeknya , resep cuko/cuka pempeknya juga maknyossssssssss *serius* *ngetiksambilngunyahpempek*
Dengan adonan ini bisa dibuat pempek lenjer, kapal selam, adaan, tekwan dan batagor... hayooo penasaran kan? siap2 catet yaaaa :) 

Tadi pagi dapat ikan tenggiri dari tetangga dan tanpa pikir panjang langsung eksekusi padahal belum mandi :p untuk menghemat waktu di wiken pagi yg ceria ini *tsaahhhh Papap bertugas membawa 2H jalan-jalan dan tebak kemana ?? pom bensin ... hihihi yups antri bensin , kegiatan mengisi waktu dan main yg sangat bermanfaat bukan ??? (ehmm Berau gitu loh bensin saja harus  antri).
Oiya ini resepnya pakai ilmu kira-kira jadi dilarang protess, gak sempat ditimbang-timbang dulu soalnya timbangan rusak T_____T




Bahan :
1 kg  ikan tenggiri (dagingnya dikerok dengan sendok)
1 genggam bawang putih dihaluskan
1 buah telur
   air es (kira-kira 1.5 gelas belimbing)
   tepung kanji / sagu
1 sdm tepung maizena
   garam secukupnya
   daun bawang diiris tipis
   bawang merah diiris tipis
   minyak goreng

Cara Membuat : 
  1. Daging ikan tenggiri dikerok dengan sendok dipisahkan dari kulit dan tulangnya
  2. Dimixer dengan kecepatan rendah sampai daging terlihat lebih halus
  3. Masukkan air es sedikit-sedikit sampai daging dan air tercampur rata
  4. Masukkan bawang putih yang telah dihaluskan dan telur
  5. Setelah tercampur rata masukkan garam, tepung kanji sedikit-sedikit dan tepung maizenasampai adonan terlihat 'cemek-cemek' (aduhhh bahasa apa pulak ini) :p Saat mixer diangkat adonan menetesnya agak lama (tidak cair). Matikan mixer
  6. Masukkan daun bawang dan bawang merah lalu aduk dengan tangan 
  7. Bentuk adonan dengan sendok lalu goreng sampai matang (dengan api sedang) 
  8. Setelah warna kekuningan lalu angkat deh :)



Beberapa tips membuat pempek (dari ibu yang tidak saya ketahui namanya)
  • Menggunakan ikan segar kalau bisa setelah di kerok dagingnya daging dimasukkan dulu ke dalam kulkas sampai dingin (tidak beku)
  • Jangan lupa pakai iar dingin/air es , katanya ini lah yg membuat pempek terasa 'krenyes'
  • adonan jangan dibuat menjadi kalis (kesalahan saya selama ini) , adonan dibuat agak cemek-cemek (balik lagi deh pake istilah ini) , saat mixer diangkat adonan menetesnya agak lama tapi bukan berarti tidak menetes
  • Saat menggoreng api kecil/sedang agar adonan matang sampai ke dalam
Tips penyajian Untuk balita 1y+
  • Dalam adonan bisa dicampur dengan parutan wortel / brokoli yang sudah dihaluskan atau sayuran lainnya
  • Jika ingin awet adonan bisa direbus lalu disimpan dalam freezer jika akan dimakan baru digoreng 
Untuk resep cuko alias cuka ada di sini yaaa.. walaupun namanya cuka tenang saja saya tidak menggunakan cuka sintetis tapi pakai asam jawa :)


Kandungan Gizi pada Ikan

Kandungan gizi yang terdapat pada ikan, antara lain:

A. Protein
Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein serealia dikacang-kacangan, setara dengan daging, sedikit dibawah telur.
Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang system pencernaannya belum sesempuna orang dewasa.
Protein ikan mengandung berbagai asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain, salah satunya taurin, sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak balita.


B. Lemak
Asam lemak ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Asam lemak tidak jenuh sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol.
Beberapa ikan yang berasal dari laut dalam seperti salmon, tuna, sarden dan makarel, mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega 3. Yang paling dominan dari kelompok ini adalah asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak sikecil

C. Vitamin
Vitamin A : banyak terdapat pada minyak hati ikan bermanfaat mencegah kebutaan pada anak.
Vitamin D : selain terdapat dalam daging ikan, juga pada telur serta minyak hati ikan. Vitamin ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.
Viatamin B6 : membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
Vitamin B 12 bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf

D. Mineral
Zat besi: jauh lebih mudah diserap tubuh ketimbang dari sumber lain seperti serealia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia.
Yodium: mencegah terjadinya penyakit gondok serta hambatan pertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya.
Selenium: berperan membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner.
Seng: membantu kerja enzim dan hormone.
Fluor: menguatkan serta menyehatkan gigi skecil


Kandungan Gizi Ikan Tenggiri 
Kalori : 112
• Protein (gr) : 21.4
• Lemak (gr) : 2.3
• Kolesterol (mg): 33
• Zat besi (mg) : 0.9

sumber : Penyuluhan Kelautan Perikanan 



notes :Alhamdulillah Chef by Accident masuk 10 finalis blog di majalah Sekar. Jangan lupa vote for JULIA WINGANTINI di sini ^_^

  

4 komentar:

  1. hmmmm kesukaan gw jul, untung aja gak deket kalo gak bisa habis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih sampe bosen .. pempek lagi pempek lagi :p Tenggiri 1kg 25-30rb/kg & segerrrr *jogedjoged*

      Hapus
  2. wah.. kayae mantep ni mbak.. follow aq juga ya mbak..

    BalasHapus
  3. izin copas ya mbak...sagunya berapa byk mbak....?

    BalasHapus