Laman

Jumat, 19 Oktober 2012

Sup Sayuran Udang

Menu andalan saat 'matigaya' untuk 2H adalah sup sayuran kumplit (wortel, buncis, jagung) ... superduper simple hanya tinggal cemplangcemplung dan ditambah bumbu minyak bawang. Untuk kaldunya bisa ditambahkan ayam, daging sapi, udang sebagai kaldu dan rasa akan tambah sedap. Nah kali ini mamam pakai udang untuk kaldu sup sayurannya dan menambahkan jamur tiram didalamnya salah satu makanan favorit Haura.

Tapi setelah memakan sup ini tiba-tiba di sore harinya badan Hanif jadi keluar bentol keicl-kecil di bagian kaki, tangan dan badan... huaaaa apa alergi udang ya T____T padahal sebelumnya Hanif tidak ada alergi dengan makanan temasuk seafood. Untung saja gak rewel dan mau minum air kelapa hijau untuk menetralisir walaupun agak lama tapi berangsur reaksi bentolnya menghilang.
Karena penasaran akhirnya saya bertanya pada Pak Wied Harry dan jawaban beliau adalah "blm tentu alergi bisa saja pas gejalanya muncul mungkin pH tubuhnya sedang sangat asam, a.l. makan kebanyakan pembentuk asam, tidur kurang lelap"
huhuhuhu setelah diingat-ingat beberapa terakhir ini Hanif susah tidur siang sehingga saat malam tidurnya banyak terbangun-benagun alias gak nyenyak ...





Bahan : 
Udang dibersihkan bagian punggungnya lalu dipotongpotong kecil sesuai selera
Wortel
Buncis
Jagung
Jamur tiram
Daun bawang
Seledri
Tomat
Air secukupnya
bumbu minyak bawang atau bawang putih dan bawang bombay dicincang lalu ditumis

Cara Membuat :
  1. Masak air sampai mendidih lalu masukkan wortel dan jagung
  2. Setelah wortel empuk masukkan udang dan jamur tiram
  3. Setelah udang berubah warna menjadi kemerahan lalu masukkan buncis, daun bawang, seledri,tomat
  4. Masukkan bumbu minyak bawang atau tumisan bawang putih&bombay
  5. Tambahkan garam, gula dan merica secukupnya 
  6. Taraaaa... jadi deh 




Next tetap akan mengolah udang dalam menu makanan anak-anak terutama Hanif tapi sepertinya anti-nanti dulu deh :)hehehe masih agak-agak takut..
Udang salah satu bahan makanan yang pengolahannya gampang dan tidak memakan waktu banyak , yang memakan waktu banyak episode kupas mengupas T_____T dan biasanya untuk jobdesc yang satu itu mamam serahkan ke paklek tukang sayur yang baik hati *bu, dari semua pelanggan saya hanya ibu yang minta dikupaskan udang* :) hihihi


Info Kuliner 
Udang merupakan bahan makanan yang rendah lemak dan mengandung asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 udang yang merupakan lemak baik bahkan mampu membantu mencegah terjadinya peradangan dan pembekuan darah yang dapat menyumbat arteri jantung dan otak.
Mineral pada udang seperti fosfor, magnesium, zat besi, kalium, seng, dan arsenik baik untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Kandungan seleniumnya cukup tinggi yang dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA sehingga mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Juga mencegah kerusakan akibat keracunan timbal (logam berat). (sumber : intisari)

notes :
Alhamdulillah Chef by Accident masuk 10 finalis blog di majalah Sekar. Jangan lupa vote for JULIA WINGANTINI di
sini ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar