Laman

Senin, 17 Oktober 2011

MPASI 6 bulan - Pure Buah

24 Septemeber 2011


my first MPASI
yipeeeeeeeeeee Hanif sudah lulus ASIX dan saatnya berMPASI ^_^ , akhirnya setelah mencari info kesana kemari diputuskanlah untuk MPASI pertamanya adalah buah segar. Buah segar mengandung karbohidrat yang mudah dicerna bayi mendekati ASI karena secara alami dilengkapi enzim pencerna. Oleh karena itu, buah digolongkan dalam predigested food atau semidigested food yaitu makanan yang sudah separuh dicerna. 


Buah merupakan sumber vitamin C salsah satu jenis vitamin yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh bayi. Betakaroten (pro vitamin A) juga banyak tersimpan dalam buah, terutama buah berwarna merah atau jingga, seperti semangka merah, jambu biji merah dan pepaya. Vitamin C dan betakaroten termasuk antioksidan kuat yang mempercepat pemulihan gangguan kesehatan pada bayi. Avokad berlimpah asam lemak omega-3, salah satu jenis lemak sehat yang baik untuk perkembangan otak bayi dan kecerdasannya.


Untuk pengenalan awal makanan harus benar-benar encer dan halus. Gerakan manelan makanan adalah hal baru bagi bayi yang baru belajar makan karenarumit dan melibatkan banyak saraf. Beberapa buah bisa diproses dengan dikukus terlebih dahulu untuk memperlnak makanan tapi jangan khawatir mengukus masih mempertahankan sebagian gizi dan vitamin.  



Beberapa buah yang aman diberikan pada bayi sebagai MPASI
  • Jeruk (jeruk baby, orange, keprok manis)
  • Jambu biji sebaiknya pilih yang berwarna merah
  • Pepaya
  • Avokad
  • Melon
  • Semangka
  • Apel manis (dikukus terlebih dahulu)
  • Pir manis contoh pir yangli (dikukus terlebih dahulu)
  • Pisang : pisang ambon
  • Mangga manis (mangga madu, mangga arumanis, mangga manalagi)

Hindari gula !!!!!!!!!!!! Tidak menambahkan gula penting untuk melatih kepekaan saraf perasa bayi agar kelak tidak menjadi ketagihan gula dan makanan manis. Selain tidak berguna karena rasa jus/pure buah sudah manis , gula hanya akan membebani kerja pankreas dan hati(liver) bayi. 




merem melekkkk
Sumber :
- 60 Variasi Bubur Saring Sehat untuk bayi 8 bulan keatas), Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS
- Variasi Makanan Sehat Bayi, Wied Harry Apriadji

3 komentar:

  1. Bun mau nanya,,klo untuk MPASI 6 bulan, boleh gag sudah ditambah dengan bubur beras?atau harus puree buah dlu..
    trus di minggu ke brp-kah anak sdh boleh makan 2x sehari?
    makasih bund atas jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mam weny... Untuk MPASI memang ada beberapa pendapat untuk MPASI pertamanya 1.buah 2.sayur 3.serealia (beras dkk).. Kebetulan saya ambil yang buah terlebih dahulu karena Buah segar mengandung karbohidrat yang mudah dicerna bayi mendekati ASI karena secara alami dilengkapi enzim pencerna. Oleh karena itu, buah digolongkan dalam predigested food atau semidigested food yaitu makanan yang sudah separuh dicerna.

      biasanya di minggu ke-3 bulan 6 sudah bisa makan 2x sehari :)

      cmiiw yaa

      Hapus
  2. hi, salam kenal...pure pisang saya cepat sekali menghitam setelah diblender. bagaimana mengakalinya ya? terima kasih

    BalasHapus