Laman

Selasa, 11 November 2014

Sweet potato Cupcake / Cupcake Ubi Gluten free

Kemarin pagi Hanif sudah mulai batuk pilek... Inget-inget Apaaaa penyebabnya, weekend kemarin full jajan di luar dan Hanif ngumpet-ngumpet makan permen hexos sebungkus besar isi 5. Pantesan ini anak alesannya main di kamar pas liat sampahnya dah feeling nih batuk deh kayanya. Ehh bener aja Malemnya udah mulai uhuk-uhuk... 



Pagi-pagi minta dibuatkan cupcake, yahhh terigu lagi terigu lagi...  Kasian kalau sakit begini konsumsi terigu, kasian organ pencernaannya. Baru keingat tepung GFF (Gluten Free Flour) , kata mam Dina cupcake pakai tepung GFF juga enak ko. Ok deh langsung eksekusi dengan resep banana cake hanya pisangnya diganti ubi dan terigunya diganti GFF agar Gluten free. 

Apa sih GFF? 
GFF singkatan dari Gluten Free Flour 

Beli dimana ya? 
Tidak ada yg jual karena kita dapat membuatnya sendiri di rumah 

Dengan cara mencampur tepung beras, tepung tapioka dan tepung maizena dengan perbandingan 7:2:1 untuk cake tapi untuk membuat kue kering/cookie 6:2:1. 
Tepung ini lebih sehat dari tepung terigu apalagi dikonsumsi balita. 



Bahan:
2 butir telur 
50 gr gula putih
100 gr tepung GFF
125 gr ubi kukus dihaluskan
60 gr mentega cair


Cara Membuat
1. Kocok telur dan gula sampai Kaku, matikan mixer
2. Masukkan tepung GFF sedikit-sedikit dengan cara mengaduk pegang mangkok dengan tangan kiri lalu posisi dimiringkan tangan kanan mengaduk searah jarum jam dengan spatula besar / centong nasi lalu masukkan juga ubi sedikit demi  sedikit dengan cara mengaduk yg sama terakhir masukkan mentega ke dalam adonan tetap dengan cara mengaduk seperti sebelumnya.
3. Tuang adonan ke dalam cetakan (kali ini saya menggunakan cup agar anak-anak lebih mudah makannya. Dapat ditaburi chocochips atau keju parut untk hiasan
4. Panggang di suhu 170C selama 30-40 menit atau dapat dikukus selama 30 menit




Selamat mencoba 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar