Laman

Kamis, 06 November 2014

Banana Cake / Banana Cupcake

Pisang di Berau termasuk buah murah meriah tapi sayang HauHan tidak terlalu suka, kadang sampai busuk dan terbuang. Saya punya solusi biar pisang tidak terlalu banyak saat beli yaitu bagi 2 sama tetangga sebelah :) hehehe
1 sisir pisang raja seharga 10rb, besar-besar dan banyakkkk sekali buahnya. Jadi lumayan lah 5rb sudah bisa bikin cemilan. 

Sudah lama tidak baking alasannya klise karena malas dan memang kan kondisi bbrp minggu ke belakang tidak memungkinkan. Banyak sih resep ber tebaran tentang cake pisang ini tapi rata-rata pakai baking powder dan baking soda. Walau hanya setengah sendok teh tapi ko rasanya lebih puas baking tanpa tambahan dua itu ya... 

Akhirnya setelah ubek-ubek paririmbon dan bbrp kali mencoba membuat kue sehat alias healthy cake dapatlah satu resep ini. Biasanya saya selalu menggunakan minyak goreng agar lebih sehat sebagai pengganti butter tapi kali ini sudah niat ingin pakai butter karena kangen wangi butter panggang yg semerbak kemanamana. 



Bahan :
2 butir telur 
50 gr gula putih
100 gr tepung terigu
125 gr pisang ambon/raja dihaluskan
60 gr mentega cair


Cara Membuat
1. Kocok telur dan gula sampai Kaku, matikan mixer
2. Masukkan tepung terigu sedikit-sedikit dengan cara mengaduk pegang mangkok dengan tangan kiri lalu posisi dimiringkan tangan kanan mengaduk searah jarum jam dengan spatula besar / centong nasi lalu masukkan juga pisang sedikit-sedikit dengan cara mengaduk yg sama terakhir masukkan mentega ke dalam adonan tetap dengan cara mengaduk seperti sebelumnya.
3. Tuang adonan ke dalam cetakan (kali ini saya menggunakan cup agar anak-anak lebih mudah makannya. Dapat ditaburi chocochips atau keju parut untk hiasan
4. Panggang di suhu 170C selama 30-40 menit atau dapat dikukus selama 30 menit


Tips tambahan nih :
1. Sebelum digunakan telur direndam sebentar dengan air hangat selama 2-3menit tujuannya agar putih telurnya cair dan saat dikocok dapat mengembang sempurna.
2. Mengocok telur dan gula sampai Kaku istilahnya ribbon stage, jadi Ketika adonan di angkat tidak menetes dan kental (ada di foto di atas)
3. Mentega yg dicairkan didinginkan terlebih dahulu jangan panas-panas dituang ke dalam adonan.
4. Saat mengaduk adonan dengan tangan, pegang mangkok yg berisi kocokan telur dan gula dengan tangan kiri dan dimiringkan lalu tangan kanan mengaduk searah jarum jam agak vertikal, dungsinya agar tidak banyak udara yg terbuang (tips Pak Wied Harry),  jadi disinilah kunci cake mengembang tanpa bakin powder dan baking soda dan agar putih telur tidak mencair.

Selamat mencoba :) 

Oiya untuk pisang bisa diganti dengan ubi ungu, ubi, kentang, wortel dll...  

Happy healthy baking mams....

2 komentar: