Laman

Kamis, 30 Desember 2010

Membuat Playdough (Play-doh) ^_^

Oiya ini BUKAN MAKANAN atau CAMILAN yaaaa... kenapa Mama posting disini karena ada adegan memasak di kompor *haiyah*... 

Haura paling seneng main playdough/clay atau seingat Mama dulu waktu kecil menyebut mainan ini malam *eh sama gak ya?*. 
Pertama mengenal playdough pada saat Haura mendapat hadiah dari Budhenya di Jakarta dan sekarang bentuknya sudah mulai gak karuan :) Nah akhirnya Mama nemu nih playdough di salah satu toko buku di sini tapi sepertinya bukan yang asli, di tangan itu lengket dan warnanya membengkas ke tangan dan baju Haura belum lagi kalau selesai bermain lantai rumah jadi sangat berminyak :(huhuhuhu

Iseng nanya2 ma om google ternyata bisa dibuat dengan bahan2 dapur biasa loh , baru tahu deh eikeu *tepok jidat* ^_^ . Resep dan cara membuat  Mama temukan disini, prosesnya diperlihatkan secara terperinci ^_^

Bahan : 
2 cup terigu serbaguna (segitiga biru)
2 cup air hangat
1 cup garam
2 sdm minyak sayur 
1 sdt cream of tartar (bahan pembuat kue) 
   pewarna makanan (merah , kuning , hijau, dll) 

(maap , minyak sayur, garam & air hangatnya gak keputu) ^_^




Cara Membuat : 
1. Terigu, garam dan cream of tartar dicampurkan sampai merata


2. Setelah point 1 dilakukan masukkan air hangat dan minyak sayur lalu aduk rata dan masak di atas api kecil sampai adonan matang (mengumpul ke tengah dan bertekstur halus tidak lengket)

3. Setelah adonan matang biarkan dingin dan angkat, lalu uleni lagi sampai kalis dan tekstur menjadi lebih halus. Bagi adonan menjadi beberapa bagian membentuk bulatan
4. Adonan yang telah berbentuk bulatan lubangi bagian tengahnya dan tetesi pewarna makanan secukupnya lalu uleni kembali sampai merata. Maka Playdough yang dibuat telah jadi ^_^

Gampang kan pembuatannya ? Hanya memakan waktu 30 menit loh....
"Sementara tiga warna dulu ya sayang, karena cuma ada stock pewarna makana itu di rumah."  Oiya.. berhubung pewarna makanan yang aku pakai itu pasta jadi adonannya menjadi wangi, merah wangi strawberry, kuning wangi durian, hijau wangi pandan :)


Yang ini bukan bakso ya.. ini ada sisa adonan tapi bingung gak ada pewarna lagi akhirnya dicampur lah warna merah, kuning, hijau... :)hehe *mamanya iseng*

Bangun tidur langsung semangat main playdoh.... "Balu ya ma? buat aku kan?" sambil nyomot playdohnya dan satu komentarnya lagi "hmmmmmmmm wangi dulennnnnnnnnnnnnnnnn" ^_^

1 komentar:

  1. adudududu lucunya, ntar bikin ahh kalo aqil udah gede;)

    -fiqa

    BalasHapus