Halaman

Jumat, 02 Desember 2011

Bumbu Bawang / Minyak Bawang

Ini salah satu trik dari Yangti (ibu saya ) untuk menghemat waktu di dapur. Bumbu ini bisa buat nasi goreng, sop, tumis, mie goreng, mie kuah ,, ah pokonya banyakkkkkkkkkkkkk banget benar-benar praktis. Setiap masak tidak perlu kupas-kupas bawang, iris bawang atau tumis bawang ah pokonya bener2 bikin cepat waktu memasak.

Misal untuk membuat sup ceker / ayam kampung kesukaan Haura, saya hanya tinggal merebus ayam sampai empuk sembari ayam direbus saya potong sayuran setelah ayam empuk masukkan sayuran lalu tinggal masukkan deh si bumbu bawang ini. Kalau untuk tumis-tumisan juga seperti itu... masukkan bumbu bawang sesaat setelah masakan yg ditumis masuk ke dalam wajan.

Oiyaaaaaaa tidak lupa juga, kalau mau buat mie kuah ala mie instan... tinggal rebus mie kering lalu bumbu nya pakai bumbu bawang ini sama garam deh ... amannnn gak pakai MSG plus hemat beibbbb :) hmmm apalagi yaaa.... hampir semua masakan bisa pakai bumbu ini, tentunya yg bumbu dasarnya bawang merah dan bawang putih. 

Tidak ada perbandingan khusus sih antara bawang merah dan bawang putih tapi kalau saya biasanya sekali membuat 1 : 1 karena saya sukaaaa aroma bwg putih , tergantung selera masing-masing :)




Bahan :
250 gram bawang merah
250 gram bawang putih
       minyak goreng secukupnya 

Cara Membuat :
Bawang merah dan putih diblender dengan campuran minyak goreng lalu digoreng sampai matang ...


tipsnya
- harus diaduk sesekali agar tidak gosong
- jika sudah agak kekuningan segera matikan api kompor
- simpan di wadah tertutup yg kedap udara
- simpan wadah di suhu ruangan jangan di kulkas yaaa nanti minyaknya akan beku
- jika cara penyimpanannya oke saya pernah simpan dalam jangka waktu 1 bulan masih bagus kondisinya tapi biasanya sih belum 1 bulan sudah habis :)

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kaka.....ini kl gorengnya dicampur air gpp ka?makasi :)

    BalasHapus