Laman

Senin, 05 Januari 2015

Mengajak Anak ke Pasar ? Siapa takut

Weekend sudah direncanakan 'main' ke pasar, sekalian belanja stock untuk seminggu ke depan. Semenjak harga BBM naik memang terasa sekali hampir semua harga bahan makanan naik dengan fantastis apalagi yg notabane nya saya yg belanja setiap hari ke tukang sayur. 
Setelah shalat shubuh, Haura yg paling semangat utk pergi sedangkan Hanif diangkut saat masih tidur dan berganti pakaian di mobil. Sesampainya di pasar Haura sangat excited, apalagi sebelumnya saat malam ia sendiri telah membuat list menu apa saja selama seminggu ke depan.



Karena kami datang sebelum jam 7 pagi, pasar shubuh masih ada. Pasar shubuh ini berada di luar gedung pasar dan biasanya para petaninya sendiri yg menjual makanya harga bisa sangat murah dibanding kios yg ada di dalam pasar, ini diperuntukan tempat bertemunya petani dan penjual pasar tapi walau sebagai konsumen biasa kita tetap akan dilayani, hanya ketika waktu menunjukan pukul 7 pagi pasar ini harus sudah bubar. Penjual harus kembali ke dalam pasar berjualan seperti biasa di kios masing-masing, dan harganya sudah agak mahal dibandingkan pasar shubuh.


Setelah sekian lama tidak pergi ke pasar ternyata harga cabe telah turun dari 150rb/kg menjadi 80rb/kg, wortel 18rb/kg sawi putih 15rb/kg dan saya juga mendapatkan harga yg sangat murah seperti buncis hanya 5rb/kg padahal jika membeli di tukang sayur seplastik kecil 3rb :(. Masih banyak harga sayuran lain yg jauh di bawah harga tukang sayur terkadang sampai 50% lebih....  Hiks kebanyakan nih ambil untungnya :)
Haura bersemangat sekali menyebutkan berbagai Macam jenis sayuran "ini labu siam,  ini wortel, ini terong, kangkung, bayam, daun katuk, sawi, kentang dll" Sempat kebingungan ketika di bagian umbi-umbian membedakan singkong dan ubi begitu juga membedakan laos, kunyit, kencur dan jahe. Menyenangkan sekali berbelanja bersama anak-anak sesekali 'iklan' tentang manfaat jenis sayuran dan bahan makanan yang ada.

Karena para pedagang menggelar dagangannya di bawah maka saya harus jongkok jika akan memilih dagangannya, sehingga beberapa kali jongkok dan berdiri. Memang agak kesulitan bagi saya yang sedang hamil 36w. Ketika asyik berbelanja saya melihat ada yang jual batagor di tengah pasar, ah jadi ingin coba icip sekalian istirahat untuk duduk sebentar.


Papap makan batagor duluan dan saya masih melanjutkan berbelanja lalu kemudian duduk, kebetulan di sebelah saya ada yg sedang merokok dan sempat membuat saya terganggu dengan asapnya. Akhirnya karena tidak merasa nyaman dengan bau rokok saya bertukar tempat dengan papap. Baru saja pindah duduk tiba-tiba saya merasa pusing dan keluar keringat dingin "Pap, ko kayanya aku pusing dan lemas" dengan sigap papap memegangi saya dan saya pun tidak sadarkan diri :(

Sempat sadar ketika akan dimasukan ke dalam mobil lalu sayup-sayup terdengar "tolong bantu, ini berat sekali lagi hamil" dalam kondisi anatara sadar dan tidak ko rasanya pengen ketawa nyengir,  haruskah tersinggung?  :) Hehehehe tapi karena memang kenyataannya sih badan segede gaban :)

Alhamdulillah Haura dan Hanif tidak ikut panik ternyata menurut cerita papap mereka mengikuti di samping rombongan, ketika saya diangkut papap dan beberapa bapak-bapak.
Walhasil pagi itu pasar heboh dengan pingsannya seorang ibu cantik yg sedang hamil besar :)

Di perjalanan saya mulai sadar dan bisa ngobrol dengan papap, akhirnya diputuskan saya mau pulang ke rumah saja untuk bedrest. Sesampai di rumah setelah minum teh manis hangat dan makan beberapa butir kurma, badan agak fit. Lalu teringat lah saya nasib belanjaan dan ternyata semua tertinggal raib ntah kemana... Huaaaaaa......mau hemat tapi malah jadi begini :(

"Besok-besok gak usah belanja ke pasar, beli di tukang sayur aja. Mahal gapapa drpd pingsan disana. Kalau sudah melahirkan baru boleh" (ada yang traumaaa)
Sampai sekarang tangannya sakit, kemungkinan salah urat karena menggendong saya saat pertama pingsan. "Berat tauk mam, aku kan nahan badan mamam supaya gak jatuh ke arah depan"
Ihhh papap mah tegaaa ngatain berat... #nyengirrr
"iyaaa, emang berat mamam" #denganmukaserius

Insiden di atas benar-benar baru pertama kali terjadi, biasanya lancar jaya tanpa ada adegan pingsan. Berarti perlu diberi catatan para ibu yg sedang hamil besar berhati-hatilah jika akan pergi ke apsar jongkok :) kemungkinan besar karena tekanan darah saya rendah dan posisi saya bbrp kali mengubah posisi mendadak jongkok-berdiri.

Tips 'bermain' /Mengajak anak pergi ke pasar

  1. Sehari sebelum membuat menu dalam seminggu ke depan dengan melibatkan anak-anak. Apa yg mereka inginkan dalam menu makanan, dan membuat jadwal bersama. Daftat makanan dapat diambil dari buku-buku resep makanan selain buku 'cute bento' agar anak Lahap makan #iklanlewat yang wajib tiap orang tua miliki, buku resep pak Wied Harry sangat recomended bahkan ada jadwal menu selama 30hari.
  2. Membuat daftar belanjaan dengan kembali melibatkan anak-anak sekalian 'iklan' tentang manfaat sayuran, ikan dan bumbu alami. 
  3. Sebaiknya dilakukan saat hari libur agar lebih leluasa dan bisa pergi bersama ayah
  4. Pastikan kondisi kesehatan anak fit (kali ini acara bermain gagal krn mamam yg tiba-tiba pingsan) jadi Pastikan juga orang tua kondisinya fit. :)hehehehe
  5. Jangan lupa untuk selalu berpegangan dengan anak dan mengawasi ketika terlepas pegangan dari kita. Dengan kondisi pasar yg ramai dikhawatirkan terjadi hal-hal yg tidak diinginkan. Maka itu sebaiknya mengajak ayah ke pasar yg bertugas mengawasi anak-anak ketika kita sedang asyik berbelanja
Mengapa pasar bukan supermarket, dan apa manfaat mengajak anak-anak berbelanja ke pasar
  1. Untuk Olah raga
  2. Mengenalkan konsep jual beli langsung yang sebenarnya, ada penjual, ada pembeli tawar menawar dan bertransaksi berbeda dengan jual-beli di supermarket .
  3. Membiasakan anak melihat segala lapisan masyarakat dengan kondisi yg berbeda-beda. Walau sekarang banyak konsep pasar bersih sehingga anak merasa lebih nyaman. Karena dulu saat pertama kali Mengajak Haura ke pasar ia selalu mengeluh 'bau' kalau sekarang krn konsep pasarnya bun sudah lebih bersih,  Haura pun sudah terbiasa dgn suasana pasar.
  4. Mengajarkan anak bersosialisasi bertemu dengan pedagang, pembeli, dll
  5. Mengenalkan jenis aneka ragam bahan makanan alami seperti sayuran, buah, ikan dll pada anak. 
  6. Mengenalkan konsep uang, tawar menawar, berat dalam bertransaksi. 
  7. Untuk anak yg sudah bisa membaca dan menulis diberikan kesempatan pada malam harinya membuat daftar belanjaan dan selalu membaca apa yg sudah dibelanjakan dan belum saat di pasar
Selamat 'bermain' 



3 komentar:

  1. Walhasil pagi itu pasar heboh dengan pingsannya seorang ibu cantik yg sedang hamil besar :) <<<- *antara mo prihatin sama mo ngakak guling2 sih...*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prihatin dong... Plissss :p

      Hapus
  2. Halo semua nama saya Nyonya Angela Romi dan saya di sini untuk berbagi dengan Anda kabar baik tentang bagaimana saya adalah membantu dengan harga yang sangat rendah dari mobil, semua hidup saya saya selalu bermimpi memiliki mobil yang sangat bagus dan nyaman tapi itu tidak pernah mudah karena harga mobil ini sangat tinggi tetapi tidak sampai hari aku berlari ke dealer AUTO MOTOR yang telah membuat hidup saya jauh lebih mudah dengan menjual mobil dari $ 50,000.00 dengan saya di harga yang lebih rendah hanya $ 10,000.00 dan dalam waktu kurang dari seminggu mobil itu dikirim ke saya pintu langkah am sangat senang sekarang jika bukan karena AUTO dealer MOTOR bagaimana saya bisa dapat memiliki mobil yang kuat seperti ini hanya dalam harga yang lebih rendah dari $ 10,000.00.

    jika Anda membutuhkan jenis mobil atau truk trailer bahkan kemudian menghubungi dealer AUTO MOTOR sekarang, mereka mengkhususkan diri pada mobil langsung dari perusahaan dan 20% lebih murah daripada membeli dari toko mobil, jenis mobil yang Anda butuhkan akan dikirimkan ke pintu Anda curam pada setiap bagian dari dunia Anda tinggal di harga hanya 20% lebih rendah, ini adalah berita baik jangan hanya berdiri di sana dan membaca, mencobanya saat membeli mobil online yang sangat murah mencobanya hari ini. saya ulangi setiap jenis mobil yang Anda inginkan akan dikirimkan ke curam pintu Anda dalam harga 20% lebih rendah hanya mencobanya hari ini dan melihat.

    menghubungi perusahaan langsung di melalui: automotordealers@gmail.com

    BalasHapus