Laman

Minggu, 10 Maret 2013

Nasi Goreng Sushi

Ini nih salah satu favorit bekal Haura.. sushi-sushian alias sushi abal-abal... Kebetulan waktu itu saya memasak nasi goreng agar tampilannya lebih menarik dibuat 'ala sushi'..
Sekalian juga untuk bekal Papap 2H ke kantor , soal rasa saya gak suka (hadeuhhhh errorr).. ya saya tidak suka nori karena rasanya amis.. Tapi mereka bertiga (2H+papap) doyan nori apalagi 2H kalau sudah tahu di kulkas ad anori bolak-balik minta dibuat camilan padahal kan diirit-irit maklum kudu impor dari jekardahhh :)

Karena masih belajar bentuk sushinya masih berantakan #tutupmuka tapi karena pelanggan setia puas sudah cukup untuk saya :)



Bahan :
200 gram nasi goreng
    1 siung bawang putih
 1/2 siung bawang bombay
 100 gram brokoli dicacah 
    1 buah telur
       kecap, saos tiram secukupnya
       garam, gula, lada secukupnya
    3 sdm minyak goreng
       nori

Cara Membuat : 
  1. Panaskan minyak goreng lalu tumis bawnag putih dan bombay sampai harum
  2. Masukkan telor dan diorak-arik sampai matang
  3. Setelah matang masukkan brokoli yang sudah dicacah
  4. Masukkan nasi, kecap, saos tiram, garam, gula dan lada
  5. Aduk sampai rata, setelah matang lalu sisihkan
  6. Siapkan nori lalu tata nasi goreng di atas nori 
  7. Saat masih panas gulung nori lalu potong-potong 'ala sushi'

Menu biasa jadi terlihat cantik kan ? #PDjayaabadi :p


Nori adalah salah satu olahan dari rumput laut yang dihaluskan. Bubur rumput laut ini kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis. Proses selanjutnya dikeringkan sehingga bentuknya lembaran menyerupai kertas. Nori banyak digunakan pada masakan Jepang, mulai dari pembungkus sushi, udang gulung atau rollade goreng. Pilih nori yang lentur, kering dan warnanya hitam mengkilat.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat, berikut beberapa diantaranya`: 
  1. Antikanker Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.
  2. Antioksidan Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.
  3. Mencegah Kardiovaskular Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.
  4. Makanan Diet Kandungan serat(dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan. (sumber : Budi Sutomo)

2 komentar:

  1. bisa rapi gitu sih mbakk, kalo aku ga pake nasi lembek ga bisa rapi

    BalasHapus
  2. gw mah gak pernah kesampaian bikinnya jul, sebelum bikin tuh rumput laut udah pada dimakan duluan

    BalasHapus