Laman

Minggu, 26 Februari 2012

Tumis Kulit Semangka

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengobrol dengan  Pak Wied Harry saat beliau ke Berau sehari sebelum acara Talkshow dilaksanakan, beliau memberi tahu tentang khasiat kulit semangka yang kadang terlupakan oleh kita. Sebelumnya saya juga pernah membaca bahwa kandungan sitrulin kulit semangka lebih tinggi dibandingkan buah semangka itu sendiri tapi sampai saat ini saya belum pernah mencoba mengkonsumsi dengan 'sengaja' kulit semangka itu. Di tengah obrolan Pak Wied menyarankan kulit semangkanya ditumis seperti sayuran biasanya. Hari ini kebetulan jus pagi harinya pepaya semangka dan saya pun kali ini tidak membuang kulitnya, ternyata tumisan kulit semangka enak loh rasanya krinyis-krinyis tapi eitss jangan lupa untuk mengupas kulit yang hijaunya ya ^_^


Bahan :
200 gram kulit semangka diiris
100 gram udang kupas
    3 siung bawang merah diiris halus
    3 siung bawang putih diiris halus
    2 buah cabe merah diiris
 1/2 buah tomat diiris
       garam dan gula secukupnya

Cara Membuat : 
1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum lalu masukkan udang 
2. Setelah udang berubah warna masukkan irisan cabe merah lalu masukkan irisan kulit semangka

3. Masukkan garam dan gula secukupnya
3. Sesaat sebelum matang masukkan irisan tomat 



Manfaat Kulit Buah Semangka (citrullus vulgaris)

SEMANGKA

Selain rasanya yang manis dan segar, semangka juga memiliki banyak khasiat diantaranya adalah sebagai alternatif pengobatan panas dalam serta dapat berkhasiat sebagai antioksidan yang bersumber dari Lycopene. Lycopene adalah pigmen merah berupa karotenod yang sering berada dalam buah atau sayuran berwarna merah Masyarakat pun telah banyak yang memanfaatkan buah semangka sebagai alternatif pengobatan.

KULIT SEMANGKA

Lalu bagaimana dengan kandungan dari kulit semangka?.

Ilmuan dari Amerika Serikat (USA) yaitu Agnes M. Rimandoa dan Penelope M. Perkins-Veazie pada tahun 2005 telah menelaah kandungan kulit semangka. Dari hasil penelitiannya membuktikan bahwa kulit semangka kaya akan sitrulin.sitrulin adalah asam Ī±-amino. Namanya berasal dari Citrullus, bahasa Latin untuk semangka, dari yang pertama kali diisolasi pada tahun 1930. sehingga jelas bahwa sitrulin juga ada dalam buah semangka.akan tetapi hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan sitrulit pada kulit semangka lebih banyak dari pada dalam buahnya. Berikut adalah hasil penelitian Agnes M. Rimandoa dan Penelope M. Perkins-Veazie :

" kandungan sitrulin berkisar 3,9-28,5 mg / g berat kering (dwt) dan adalah serupa di antara jenis berbiji dan jenis tanpa biji (16,6 dan 20,3 mg / dwt g, masing-masing).
daging semangka Merah citrulline sedikit lebih rendah dari daging semangka kuning atau oranye (7,4, 28,5 dan 14,2 mg / dwt g, masing-masing).
Kulit buah mengandung citrulline lebih dari daging atas dasar berat kering (24,7 dan 16,7 mg / dwt g, masing-masing), tetapi sedikit kurang pada berat segar (fwt)
dasar (1,3 dan 1,9 mg / fwt g, masing-masing). "

MANFAAT SITRULIN

Sitrulin memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia :
1. citrulline membantu mengeluarkan amonia dari hati. sehingga dapat bersifat detoksifikasi
2. citrulline merupakan prekusor arginin yang dapat mensekresi asam nitrit (NO) untuk vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. sehingga sitrullin dapat berperan untuk mengatasi hipertensi.
3. Menurut Medical News Today, efek vasodilatasi dari citrulline dapat mendukung fungsi seksual yang sehat (mirip viagra)

Sumber : riestyadp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar