Laman

Senin, 06 Februari 2012

Tips&Trik MPASI & Toddler food Homemade




Akhir-akhir ini saya mendapat kiriman pesan dari beberapa teman dan menanyakan ko sempet2nya masak dan jepratjepret dengan dua balita tanpa ART. Disini saya kan bercerita plus membagi tips dan trik nya ^_^, mudah2an bisa bermanfaat untuk teman-teman yang mengalami kondisi yang sama dengan saya.
Saat memasak MPASI untuk adik itu berarti saya memasak juga makanan untuk si kakak dan memasak juga untuk saya dan Papap, alhamdulillah saya sangat bersyukur selera Papap dan kakak Haura 'gak ribet'. 

Misal seperti saat ini saya berencana memasak ikan patin dan sayur kangkung, berarti menu makanan hari ini semua sama dari mulai kami (dewasa) , Haura (kakak), Hanif (adik) hanya proses memasaknya yang berbeda ^_^.

Menu dewasa : Ikan Patin dibakar/goreng, tumis kangkung dan sambal terasi
Menu kakak   : Ikan Patin dan kangkung  (tergantung request, mau menu dewasa atau menu adik), kali ini Haura ingin seperti adik, ikan patin saya bakar (bumbu : jeruk nipis+garam), kangkung saya rebus sebentar.


Untuk menumis saya biasanya menggunakan bumbu/minyak bawang
yg sudah saya buat sebelumnya sehingga menghemat waktu memasak.

Menu Kakak Haura


Menu adik      : Ikan Patin dikukus, kangkung direbus sebentar cincang, tomat rebus dihaluskan
Menu adik Hanif

Untuk nasi adik makan beras  hitam , tapi kalau kami (dewasa) mencampur beras putih dan beras hitam mengingat harga berasa hitam yang sangat mahal jadi saya akali dengan mengkombinasikannya walaupun terkadang kami juga mengkonsumsi beras hitam tanpa campuran
Untuk mengolah ikan patin jangan lupa sebelumnya membalurnya dengan air jeruk nipis sampai kesat. 


Kalau untuk sesi jeprat jepret saya lakukan saat makanan masih panas jadi sembari nunggu makanan dingin dan Hanif bangun dari tidur. Alhamdulillah jadwal tidur dan makan mereka teratur sehingga saya pun masih bisa menyalurkan hobi saya :)


06.30wita 
Sarapan buah lalu lanjut karbo ringan 
Menu Dewasa : buah potong --- omlet/oat/nasi goreng dll
Menu Kakak   : buah potong/pure buah ---  omlet/oat/nasi goreng dll
Menu adik       : pure buah - karbo+sayur

10.00wita 
Ngemil buah potong , main sebentar lalu adik Hanif tidur nah saat ini lah saya menyiapkan makanan untuk mereka , biasanya untuk protein/lauk saya langsung masak untuk masing-masing 2 porsi (makan siang+makan malam), tapi untuk sayur saya selalu fresh beberapa saat sebelum makan.

12.00wita Makan siang

14.00wita
Tidur siang,,,,,,,, saatnya me time (online, browsing sanasini, bacabuku, jepratjepret, belajarprogram2komputer, baking,nyoba resep baru atau kadang ikutan tidur :p 


16.00wita  
Bangun tidur, sembari saya menyiapakan makanan kakak bermain sambil menjaga adik


17.00wita  
Makan malam eh sore ya hitungannya ^_^, kalau sempat jepratjepret dulu (mengejar matahari) kalau engga ya langsung makan/nyuapin (gimana mood) baru mandi deh atau sebaliknya mandi dulu baru makan

Malam : ngemilllll buah

Siapa bilang MPASI & Toddler food homemade ribettt ?? engga ko... dibawa have fun aja mom ... SERU !!


Oiya , semua peralatan masak dan makan harus langsung dicuci agar pekerjaan tidak menumpuk selain itu mencegah bekteri, kuman nemplok. Intinya jika ada yang bisa dilakukan saat itu juga LAKUKAN jangan menunda pekerjaan ^_^..


Happy healthy cooking ..............
         




9 komentar:

  1. halo ibu, salam kenal ya. ijin follow blognya ya, love ur blog ^^..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga :) terimakasih dah mampir yaaa ^_^

      Hapus
  2. Mbak itu piring bayi sekat 4 merknya apaan? Harganya brapa waktu beli? Tks

    BalasHapus
  3. Mbak, gimana manajemen belanja sekalian menyimpan belanjaan di kulkas?

    BalasHapus
  4. bund,itu jadwal paginya pure buah---karbo + sayur, maksudnya makan pure buah dan karbo komplit bersamaan gtu ya? tidak pake selang waktu brp jam antara pure buah dan sarapan karbo komplitnya?

    BalasHapus
  5. Naksir piringnya. Merk apa ya bun?

    BalasHapus
  6. Mbak, mau tanya yg sarapan pagi jam 6:30 buat Hanif itu.. puree buah langsung ke karbo ringan ya. Bisa dicampur atau gimana? saya jg mengikuti FC tetapi masih bingung pengaturan waktu untuk bayi 6-7mo.

    BalasHapus
  7. Mbak, mau tanya yg sarapan pagi jam 6:30 buat Hanif itu.. puree buah langsung ke karbo ringan ya. Bisa dicampur atau gimana? saya jg mengikuti FC tetapi masih bingung pengaturan waktu untuk bayi 6-7mo.

    BalasHapus