Halaman

Jumat, 25 November 2011

Seblak Basah

WARNING !!! ini bukan snack sehat ya *celingukan lirik kanan kiri*  tapiiiii saya suka !!! Biasanya yang jual di sekolahan SD dan tentu dengan vetcin yang banyakkkk... Tiba-tiba kangen pengen makan Seblak Basah yg pedessssssssssss....suasananya pas banget.. sore hari hujan dan krucils masih tidur....aman terkendali lah pokonya.

Bahan utama seblak adalah kerupuk kanji sumbersari (yg warna orange biasanya teman makan bubur ayam) berhubung di sini tidak ada sementara harus puas dulu dengan kerupuk kanji biasa. Oiya sampai sekarang saya tidak athu arti dari seblak, ada yang tau ??? Sepengathuan saya seblak itu terbagi dua ada yang kering ada yg basah, kalau yg kering kerupuk kanji digoreng tapi tidak mengembang (bantet) alu diberi bumbu cabe kering nah kalau yg basah ini kerupuknya direndam dengan air sampai basah dan mengembang lalu diberi bumbu.

Bahan :
100 gram kerupuk kanji sumbersari
    2 siung bawang merah
    1 siung bawang putih
    5 buah cabe rawit
       kencur (sedikittttttttt)
       daun bawang
       garam dan gula putih secukupnya
       minyak goreng secukupnya
       air secukupnya

Cara : 
  1. Didihkan air lalu masukkan kerupuk kanji dan diamkan sampai merekah lalu sisihkan
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan kencur yg sudah dihaluskan dengan minyak goreng
  3. Setalah bumbu harum masukkan kerupuk 
      

2 komentar:

  1. Seblak (setahu saya) artinya degdeg plas..(ceuk urang sunda mah nyeblak kana angen alias ngalenyap) karena dngn mkan snack ini.. hati kita d buat degdeg plas/hati brasa dag dig dug saking kepedesan.. seger..segeerr gmnaaa gituuu.. :-)
    Ini camilan wajib klo aku pulkam k bdg, d mkan ngariung/ngumpul bareng" lebiihh seru.. seuhaaahhh/kepedesan rame" ... >_<
    hhuuueee.. ko aku jd kangen kmpung halaman yaaa... : '(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm .. jadi mungkin karena pedas jadi 'nyeblak' :) hihi

      hikss sama jadi kangen kampung halaman T___T

      Hapus