Laman

Minggu, 13 September 2015

Steak Maranggi Sambal Kecap "International Indonesia Food Blogger Contest"




Steak adalah salah satu makanan yang digemari dari seluruh dunia. Asal katanya dari bahasa Skandinavia 'steik',  tapi dalam arti bahasa di kamus Oxford arti kata steak adalah irisan daging tebal yang dibakar/digoreng. 

Bahan dasar steak dapat dari berbagai macam jenis daging, salahsatu contoh ada dari daging ayam, kambing, ikan, dll. Yang paling populer adalah dari daging sapi. Citarasanya sangat khas dengan berbagai Macam jenis saos seperti saos BBQ, lada hitam, keju dll. 

Di Indonesia sendiri salah satu makanan yang digemari masyarakat adalah sate. Metode memasaknya dibakar hanya daging dipotong kecil lalu ditusuk kayu. Sate dapat ditemukan dengan mudah di pinggir jalan sampai restauran mewah.  


Salah satu sate yang sangat terkenal di daerah Jawa Barat berasal dari purwakarta adalah sate maranggi, berbeda dengan sate pada umunya daging sapi sebelum dibakar dibumbui terlebih dahulu sehingga rasanya terasa walaupun tidak memakai bumbu tambahan. Beda dengan sate dengan sambal kacang seperti biasanya, sate maranggi ini dinikmati dengan irisan cabe rawit, tomat, bawang merah dan kecap. Biasanya disajikan dengan ketan bakar atau nasi timbel.

Dalam rangka "International Indonesia Food Blogger Contest" dengan tema Street food and sambal, kali ini saya akan mencoba membuat steak dengan bumbu ala-ala Indoensia. Sudah lama sekali saya ingin mencoba steak bumbu maranggi, alhamdulillah gara-gara event ini jadinya kesampaian. Steak dengan bumbu maranggi disajikan dengan sambal kecap pedas,  mashed potato dan sayuran rebus.



Bahan: 
250 gram daging has dalam dipotong dengan ketebalan 1cm

Bumbu perendam steak
2 siung bawang putih
1/4 sdt Ketumbar
1 sdt air asam
   Gula merah dan garam secukupnya


Sambal Kecap
5 buah caberawit iris tipis
1 buah tomat iris tipis
2 buah bawang merah iris tipis
2 sdm kecap

Pelengkap 
Mashed potato
Wortel dan buncis rebus 

Cara Membuat: 
  1. Haluskan bumbu perendam
  2. Rendam daging di dalam bumbu perendam masukkan ke dalam kulkas selama 1jam atau paling lama 1 hari agar bumbu meresap 
  3. Panaskan pan datar anti lengket lalu masukkan mentega
  4. Masak daging sampai matang dengan menggunakan api kecil.
  5. Semua bahan sambal kecap diaduk rata
  6. Sajikan daging steak dengan sambal kecap pedas, mashed potato dan sayuran rebus 



2 komentar:

  1. Dagingnya tebel banget..kenyang deh nggak usah makan nasi :)

    BalasHapus
  2. jul masakain gw dong :) Di tunggu kiriman yang warna coklatnya yaaaa :-p

    BalasHapus