Laman

Minggu, 31 Mei 2015

Bumbu Dasar Kuning dengan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan

Sebentar lagi kita kan memasuki bulan Ramadhan dimana bulan yang sangat dinanti seluruh umat muslim. Sebagai ibu rumah tangga maka ritme kegiatan memasak pun berubah , kegiatan memasak menjadi dini hari (sahur) dan sore hari (berbuka puasa). Karena waktu yang pendek dengan satu anak, satu balita dan satu bayi dibutuhkan waktu memasak yang cepat dan tetap menjaga kualitas masakan yang enak, sehat dan alami.

Kebetulan juga saya masuk ke dalam 20 besar kompetisi Mrs.Chef LOCK&LOCK yang dilaksanakan oleh LOCK&LOCK Indonesia yg Bekerjasama dengan komunitas Homemade Healthy Baby Food (HHBF). Kali ini saya akan tetap memasak yg enak, sehat, alami, mudah dan cepat.

Setelah melalui beberapa trial and error di dapur dapat ditarik kesimpulan kegiatan yang menyita banyak waktu itu adalah mempersiapkan bumbu. Memang sih bumbu instan kemasan terlihat begitu menggoda jika ingin memasak dengan cepat tapi lagi-lagi kandungan bahan pengawet, pewarna sintetis dan MSG membuat nyali saya ciut menggunakan bumbu instan tersebut, rasanya hati ini tidak tega memberikan makanan seperti itu pada anak-anak apalagi yang masih balita. 






Kebetulan saya mempunyai kebiasaan mempersiapkan bumbu dasar masakan untuk digunakan beberapa minggu ke depan. Ada beberapa bumbu dasar yang biasa saya siapkan 
  1. Bumbu dasar kuning 
  2. Bumbu dasar putih
  3. Bumbu dasar merah
  4. Bumbu bawang 


Kali ini saya akan membuat bumbu dasar kuning, karena kebetulan Haura dan Hanif menyukai beberapa masakan dari bahan dasar ini. Dengan bumbu dasar kuning bisa membuat masakan soto, nasi kuning, pepes, opor, ayam sayur, dan ayam tahu masak Kemangi, ayam goreng, nasi bakar, ayam kuning, nasi bakar dll.


cakep kan?  Penampakan Lock&LOCK Ecook Deco Fry Pan nya :) 




Memasak di pan ini benar-benar anti lengket, bumbu juga cepat sekali matang meratanya.





Bumbu dasar ini sangat mudah dibuat apalagi karena saya menggunakan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Bumbu matang dengan merata dan tidak lengket pada fry pan nya. LOCK&LOCK E-cook Deco Fry Pan adalah pan anti lengket, tahan terhadap panas, mudah dibersihkan, nyaman ketika digunakan, dan memiliki warna yg beragam. 

Kelebihan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan adalah 
  1. Tampilan warna yang cerah dan desain yang stylish membuat dapur menjadi menarik dan kegiatan masak memasak pun menjadi menyenangkan
  2. Lapisan anti lengket yang hanya membutuhkan sedikit minyak ketika memasak sehingga masakan menjadi lebih sehat
  3. Panas yang merata membuat masakan cepat matang dan menghemat energi 
  4. Mudah dibersihkan karena makanan tidak menempel 
  5. Dengan bahan alumunium LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan memiliki berbagai kelebihan tidak mudah tergores dan tahan lama. Pelat alumunium yang padat serta silicone pada pegangannya akan membuat nyaman ketika memasak. Bakelite merupakan material plastik keras memiliki ketahanan pada suhu tinggi. Karena kemampuannya tersebut bahan ini sudah sejak lama digunakan untuk berbagai keperluan seperti kenop kompor gas, telepon rumah dan juga bola bowling.
  6. Tahan terhadap panas, pada bagian fry pan ini terdapat lapisan material keramik tahan panas yang membuat wajan ini memiliki daya tahan yang lebih tinggi lagi. Lapisan ini memastikan panas menyebar secara merata ke sekeliling wajan dan akan mencegah hangus.

Bahan:
30 siung bawang merah 
10 siung bawang putih 
10 butir kemiri yang sudah disangrai
10 cm kunyit bakar
  2 sdm ketumbar yang sudah disangrai
     minyak secukupnya


Cara Membuat :
1. Semua bahan dihaluskan
2. Tumis bahan sampai matang 
3. Setelah dingin simpan di dalam wadah kedap udara 
4. Bumbu dasar dapat disimpan di dalam lemari es agar lebih awet. 

Gimana? Mudah kan?  Cocok untuk persiapan menjelang bulan Ramadhan ini. Oiya ngobrolin LOCK & LOCK ini gak ada matinya deh. Bener-bener wajan ajaib dan membantu sekali dalam proses masak memasak. Ternyata salah satu rahasianya karena LOCK & LOCK E-cook Deco Fry Pan menggunakan teknologi hard anodized

Teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookwarenya. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnga dilapisi coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini. 

Selamat Memasak 

Happy healthy cooking ^_^


Berikut ini beberapa resep mudah dan cepat yang menggunakan bumbu dasar kuning


Ayam Tahu masak Kemangi 


Ayam Goreng 


Soto Goreng 


Nasi Goreng Kuning 




2 komentar:

  1. Mba, kunyitnya dibakar agar knpa mba ?

    BalasHapus
  2. Mba, kunyitnya dibakar agar knpa mba ?

    BalasHapus