Laman

Jumat, 29 Juni 2012

Sate Laler (Sate Lalat)

Akhirnya bisa juga ikut idfb Challenge#5 : SATE  *lapkeringet. Tama kali ini adalah sate, cukup heboh deh mngerjakan challange yang satu ini, niat awalnya akan membuat sate lilit eh belum sempat dijepratjepret satenya sudah habis duluan digasak Haura dan Papapnya :)

Tiba-tiba saya teringat jaman SD , biasanya sore hari saat sedang bermain di lapangan dekat rumah selalu ada 'mbok' yang menjual sate laler alias sate lalat . Eitssss jangan dibayangkan laler ditusuk-tusuk yakss *hueksss* , Sate laler ini berasal dari Pamekasan Madura mengapa dinamakan sate laler karena dagingnya yang segede uprit bin kecil-kecil kaya laler :)hehe Biasanya pedagang sate laler adalah ibu-bu alias'mbok' yang membawa bahannya dengan cara digendong ala mbok jamu lalu bakaran satenya ditenteng.  
Jaman dulu itu beli 100 perak sudah dapat sate dan lontong yang disajikan di pincuk, sekarang sudah agak sulit menemukan pedagang sate laler di kota Bandung tapi terkadang kalau sedang kangen saya makan di daerah Cisangkuy Bandung.



Oya komen kedua konsumen setia (red: anak&suami) "duh kecil-kecil amat ya dagingnya" hihihi yaaa namanya juga sate laler alias sate lalat ^_^

Hasil jepretnya kurang memuaskan karena kejar-kejaran sama matahari dan props yang seadanya *tutupmukapakedaunpisang*





Bahan :
  • 500 gram dagi ayam
  • Kecap manis secukupnya
  • tusuk sate
Bahan Saus Kacang
  • 250 gram kacang tanah digoreng
  •    4 siung bawang putih
  •    5 siung bawang merah
  •    2 buah cabe keriting
  • 500 ml air
  •    2 lembar daun jeruk
  •       gula merah 
  •       garam dan gula putih secukupnya
Pelengkap
  • Lontong
  • Bawang goreng (gak sempat goreng)
  • Jeruk nipis


Cara membuat :
  1. Potong kecil-kecil daging ayam (sebesar kuku ibu jari) *makanya dinamakan sate laler/lalat) lalu tusuk dengan tusuk sate
  2. Haluskan semua bahan bumbu kecuali daun jeruk,kecap dan air. Setelah halus dimasak dengan minyak lalu masukkan air, daun jeruk hingga matang lalu sisihkan.
  3. Bakar daging ayam setengah matang lalu olesi dengan kecap dan sedikit bumbu kacang 
  4. Bakar kembali hingga matang
  5. Sajikan sate laler dengan bumbu, kecap, jeruk nipis dan bawang goreng (bawang goreng saya skip karena tidak sempat membuatnya) :)hehe



2 komentar:

  1. Makasih ya Julia :)
    Makanan kadang membuka memori masa kecil kita. :)

    BalasHapus
  2. ooh gampang ternyata jul, gw coba bikin ah ntar kalo udah pulang

    BalasHapus