Laman

Jumat, 15 Januari 2016

Hiroshima Kota Indah dan Berbudaya


Apa sih yang terpikir jika mendengar kata-kata Hiroshima?

BOM ATOM

Dari pelajaran sejarah kita mengetahui bahwa Kota satu ini pernah hancur karena bom atom yang ditembakan oleh tentara sekutu. Kejadian tersebut sungguh membuat luka yang dalam bagi Rakyat Jepang khususnya Hiroshima sendiri tetapi sekarang Hiroshima sudah menjadi Kota yang Indah dan berbudaya.



Hiroshima adalah salah satu Kota di Jepang yang letaknya di bagian Barat Prefektur Hiroshima, bagian Selatan Chugoku, Barat daya pulau Honshu. Ternyata pada Zaman dahulu Hiroshima adalah ibukota Provinsi Aki tetapu sekarang merupakan ibukota Prefektur Hiroshima.

Hiroshima menjadi salah satu Kota yang ingin kami kunjungi jika suatu saat nanti jika pergi ke negara Jepang. Walaupun banyak objek wisata yang telah hancur karena bom atom pada zamannya dulu, ada beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi di Hiroshima, diantaranya adalah

1. Hiroshima Peace Memorial Park

Taman ini dibangun di Pusat Kota sebagai monumen untuk mengenang bencana nuklir yang melanda Kota tersebut pada Perang Dunia II. Di dalam Taman terdapat Peace Memorial Museum yang memamerkan barang-barang peninggalan korban bom atom. Museum ini menjadi tujuan wisata utama para wisatawan yang Datang ke Hiroshima.

2. Taman Shukkeien


Pada tahun 1620 didirikan Taman Shukkeien yang berjarak 500M dari Hiroshima Peace Memorial Park. Di dalam Taman ini ada Hiroshima Prefectural Art Museum. Sejarah Taman ini sangat panjang, dibangun pada Zaman Edo atas oerintah Asano Nagaakira yang merupakan tuan tanah pada Zaman itu. Sejak Zaman Meiji Taman ini akhirnya menjadi kediaman keluarga Asano tetapi pada tahun 1940 keluarga menyerahkan Taman ini kepada pemerintah secara sukarela.

3. Miyajima
Sumber: shutterstock

Miyajima adalah sebuah pulau kecil dengan nama resmi Itsukushima tetapi penduduk lebih familiar dengan nama Muyajima. Pulau ini bisa ditempuh dengan satu jam perjalanan dari Hiroshima dan terkenal dengan gerbang torii-nya yang terlihat mengambang di atas laut.
Para wisatawan dapat mengunjungi kuil Itsukushima, kuil Diasho-in, Senjokaku, Museum Sejarah dan Miyajima Aquarium.

4. Hiroshima Museum Art

Sumber: shutterstock
The Hiroshima Museum of Art adalah sebuah Museum yang berada di Hiroshima Central Park yang dibangun pada tahun 1978.

5. Mazda Zoom Zoom Studio

Namanya unik ya, tetapi nama aslinya adalah Hiroshima Municipal Stadium. Ini adalah stadium baseball dan merupakan Basecamp dari Hiroshima Toyo Corp yang Bermain di Japanese Central League.

Setelah puas menjelajah Hiroshima yang wajib dicoba di Kota satu ini adalah okonomiyaki nya. Okonomiyaki adalah makanan khas Hiroshima dan yang membedakan dengan okonomiyaki pada umumnya adalah toping yang berbeda yaitu dengan toping MI goring, yakisoba dan udon. Ih unik banget ya pasti rasanya enak-enak gimanaaa gitu. Pedagang makanan satu ini dari mulai kakilima sampai restoran.Salah satu kawasan legendaris ada okonomiyakimura, yaitu kawasan kaki lima yang berjualan okonomiyaki yang telah dibangun dari tahun 1950.


Selain okonomiyaki yang khas di Hiroshima ini adalah mie pedas tsukumen, belum nyobain saja rasanya pedas sudah terasa di lidah. 

Untuk makanan manis ada kue Momiji Manju, kue ini berbentuk daun yang lembut bagian dalamnya dan berisi anko atau kacang merah dan gula yang digiling. Biasanya masyarakat Hiroshima memakan kie yang satu ini bersama dengan minum teh. 

Sumber: Kompas.com
Suatu saat nanti InsyaAllah kami akan injakan kaki di Jepang. 

2 komentar:

  1. Mak Julee udah ke Hiroshima? pengennnnn...napak tilas perjalanan alm Papa salah satu cita-cita dari kecil euy. Aamiin YRA.

    BalasHapus