Halaman

Kamis, 12 Februari 2015

Orek Tempe

Semenjak hari Selasa yangkung nya Hauhanhas (jadi panjang bener ya) hehehe pulang ke Penang karena ada kerjaan yang harus diselesaikan tapi Alhamdulillah Yangti masih di Berau #sujudsyukur :) Semoga yangti lebih lama di Berau....  (ngarep pake bangetttt) 

Karena sudah gak ada Yangkung, waktunya emak kembali ke salahsatu jobdesc semula yaituuuu jadi supir antar jemput :) 
Selama sebulan sudah menikmati cuti anjem HauHan karena mereka di anjem Yangkung dan Yangtinya. 
Seneng deh, lihat ekspresi Hanif pas dijemput



Oiya disini ada kepercayaan kalau wanita yg baru melahirkan itu tidak boleh keluar rumah / turun tanah. Makanya pas ketemu beberapa orang dan melihat saya sudah 'berkeliaran' pasti komennya "kan belum 40 hari belum boleh turun tanah" Padahal kalau kata bu bidan pulang melahirkan dari prakteknya menuju rumah kan hitungannya sudah turun tanah, tapi masih banyak masyarakat yg menganut tradisi ini. 
Ok kita lanjut cerita lagi ya, jadi trayek tetap saya itu jam 8.30 wita antar Hanif ke sekolah, jam 11.15 wita jemput Hanif dan antar makan siang Haura, terakhir jam 14.30 wita jemput Haura. Sehabis antar Hanif ke sekolah biasanya tukang sayur nongkrong di depan rumah. Seperti biasa mumpung ada ibu/Yangti disini dipuaspuasin makan masakan yangt.  Ini nih yang bikin males ke dapur selama sebulan ini :) hehehe

Tapi kali ini saya tiba-tiba kepengen bangetttt makan orek tempe yang pakai gula merah.  Dulu pernah ngicip masakan teman orek tempenya enak ternyata katanya pakai gula merah bukan kecap. 

 
Bahan :
1 papan tempe ukuran sedang
3 siung Bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabe merah keriting
5 batang kacang panjang dipotong 2cm
   Gula merah secukupnya
   garam dan merica secukupnya
   Air secukupnya
   Minyak utk menggorenv dan menumis

Cara Membuat

  1. Potong tempe berukuran dadu lalu goreng sebentar sampai berwarna kekuningan lalu tiriskan
  2. Tumis bawang merah, bawang putih sampai harum lalu masukam cabe merah keriting (bisa juga dimasukan cabe rawit, sesuai selera ya tapi berhubung ini dimakan HauHan jadi saya tdk pakai cabe rawit) 
  3. Masukan sedikit air, gula merah, garam dan merica. 
  4. Setelah gula merah mencair masukan tempe aduk hingga rata lalu masukkan kacang panjang 
  5. Setelah kacang panjang berubah warna menjadi hijau tua matikan api
  6. Sajikan selagi hangat 

Simpel kan?

Selamat mencoba ^_^

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya lebih enak pake gula merah :)

      Hapus
  2. Hai mba Julia, salam kenal

    Wah aku baru aja nyasar ke sini..ternyata banyak resep2nya...apalagi bentonya..keren.. bisa jadi inspirasi nih kalau anakku sudah mulai sekolah..thanks ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba Monica :)

      Wah Makasih banya... Happy cooking @& bentoing :)

      Hapus
  3. eh sama ditempatku sebelum 40 hari ibu dan anak ga boleh kelayapan.. tapi adam & aqila blm 10 hari udah ngemol :))

    BalasHapus
  4. Blognya enak:)
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  5. Itu foto tempe oreknya menggoda banget.. :)

    BalasHapus
  6. Tempe favoritku....huuuhhh apadaya tempe mahal disini, hiks😂

    BalasHapus