Laman

Selasa, 31 Mei 2011

KBB#23 Cheesy Fun - Lemon Cheese Cake

 
Fuihhhh.. akhirnya selesai jugaaa tantangan ke-2 ku di KBB kali ini dan seperti biasa selalu mepet ….Pertama baca resepnya cuma bisa melongo ... gak ngertiiiiiiiiiiiiiiii.... beneran aku ini bener-bener gak bisa baking. 
Minggu-minggu ini bener-bener gak ada waktu .. ibuku masuk rumah sakit, dan akhirnya harus mengurus 2 anak, Haura (3y) dan Hanif (2m)  tanpa ART, BS dan yangti yang sedang sakit :( ,  tapi aku bertekad untuk menyelesakan tantangan ini


Untuk mascarpone dan ricotta aku sudah muter-muter TBK dan kosoong  akhirnya setelah tanya Mbak Caroline bisa diganti dengan cream cheese……
Aku juga dengan bodohnya cari sultana gak dapet-dapet…. Eh pas ngubek kulkas ternyata adaaaa #tepokjidat

Resep kali ini juga cukup bikin heboh serumah…. Baru siapin bahan, Hanif nangis minta mimi… dan parahnya hari ini gak tau kenapa Hanif rewel sekali belum lagi Haura yang  comot sana comot sini…. Pusyiiiiiiing……………aku gak tau  bener seperti ini atau engga..... Jujur ini pun pertama kalinya menggunakan otang (oven tangkring) yang sebenarnya baru beli kemarin.... Bener2 sibuk gak karuan sampai yangti di rumah ngomel-ngomel ngeliat aku yang dari pagi mondarmandir dapur-kamar-ruang makan-dapur-makan-ruang makan....



Bahan-bahan :
Untuk 8-10 porsi
¼ cup port ----- (*sejenis wine - bisa diganti)
¼ cup orange juice
75g sultanas
150g mascarpone
400g ricotta
125g gula kastor
2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
3 buah lemon, parut kulitnya
60g tepung terigu
80g manisan apricot, iris tipis

Crust:
30g mentega tawar
185g kacang2an, haluskan
8 sdt gula kastor
4 sdt dark brown sugar
½ sdt bubuk kayu manis
¼ sdt bubuk mixed spice

Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh.

Panasi port, orange juice, dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.

Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.

Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange juice dan apricots.

Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.

Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.

Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.

Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.




dan akhirnyaaaa...... lulussss #loncatdora




Tidak ada komentar:

Posting Komentar