Laman

Jumat, 18 Maret 2016

Tips Berbelanja Dapur Hemat dan Ramah Lingkungan

Akhir-akhir ini sedang heboh tentang  diet plastik dan pemberlakuan kantong plastik berbayar di supermarket. Reaksi masyarakat bermacam-macam  ada yang protes , ada yang nyinyir, ada yang mendukung dengan antusias, ada yang protes mengapa industri besar tidak dituntut utk menggunakan kemasan yang lebih Ramah Lingkungan, dan lain-lain. Seperti biasa setiap kebijakan pasti ada pro dan kontranya. Untuk saya pribadi saya setuju dengan pemberlakuan itu karena memang kantong plastik ini salah satu bahan utama kami para ibu rumah tangga utk memproduksi sampah.  Beberapa kali ke negara tetangga disana mereka memang sudah memberlakukan hal ini tapi saat itu hanya dibuat pada hari tertentu, hanya hari rabu dan sabtu kantong plastik berbayar sisanya tetap gratis tetapi info terbaru saat ini saya belum tahu.

Banyak yang heboh membeli kantong atau tas yang dapat digunaan untuk belanja tapi naluri emak irit dan hemat, saya mencari 'koleksi' tas yang biasanya didapatkan gratis kebetulan saya ada kantong bekas pembagian rapor Haura dan salah satu toko. Jika tidak punya maka kita juga dapat membuat tas belanja sendiri dari kaos bekas seperti disini.





Tips Berbelanja Dapur Hemat dan Ramah Lingkungan 

1. Berbelanja di pasar  
Biasanya dengan berbelanja di pasar harga memang akan lebih murah dibanding dengan tukang sayur atau warung dekat rumah, hal tersebut wajar saja mereka pun mencari keuntungan.  Tetapi bukan berarti dengan cara ini mematikan usaha tukang sayur, sesekali kita tetap butuh membeli untuk beberapa bahan yang tidak ada di rumah atau kurang. 

2. Sebelum berbelanja biasakan membuat menu harian untuk seminggu ke depan lalu mencatat bahan makanan pa saja yang dibutuhkan. ini berfungsi agar kita fokus dan tidak banyak tergoda kanan kiri sehingga akhirnya belanja bahan yang kadang hanya berakhir menjadi keriput di kulkas (stay on the list)

3. Membawa box yang dapat digunakan menyimpan bahan makanan dan tas. Box boleh merk apa saja kebetulan saya pakai yang biasa saja saat ini yang penting food grade, ini saya beli hanya 3000 rupiah saja. Jika para ibu ada dana lebih dapat menggunakan tupperware, tulipware, lock n lock dan merk lainnya.

4. Membeli sesuai kapasitas box yang akan kita simpan di dalam kulkas
Ketika membeli (misal cabe rawit) disesuaikan dengan box yang akan dipakai untuk penyimpanan nantinya baru ditimbang lalu ditutup dan disimpan di dalam tas keranjang belanjaan. Hal ini salah satu cara agar bahan makanan yang kita beli pas dengan tempat penyimpananya. Saat saya mempraktekan ini di Berau , beberapa pedagang malah antusias ingin meniru. 

5. Begitu juga dengan bahan makanan basah seperti ayam, ikan, daging sapi,  dll. Dengan membawa box kita dapat memperkirakan berapa kg yang akan kita beli. Biasanya dalam ukuran saya 1 box itu untuk 1x masak.

Box untuk wadah tempat sayuran / lauk pauk dan tas untuk pengganti kantong plastik


taraaaa in hasil belanja saya dan 3H di pasar rakyat Berau 
Sampai rumah sudah tinggal masukkan ke dalam kulkas , untu beberapa sayuran yang ingin dicuci harus ditiriskan dengan sampai tidak ada air yang menetes lalu susun kembali di box dan simpan di dalam kulkas
Kalau kulkas rapi , masak pun jadi menyenangkan lohhhh



Dengan cara ini selain tidak menjadi produsen sampah , bonusnya kulkas kita jadi lebih rapih #yeayyyyyyyy 

Selamat Mencoba

Finding love through shopping  cooking

Follow IG yuks @chefbyaccidentdotcom 

8 komentar:

  1. boleh deh dicoba tipsnya next mba :)

    BalasHapus
  2. Kalo bawa motor..pakai box2 gt susah mbak...hiks

    BalasHapus
  3. Kalo bawa motor..pakai box2 gt susah mbak...hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boxnya kecil mbak, insyaAllag bisa ko saya beberapa kali naik motor

      Hapus
    2. Boxnya kecil mbak, insyaAllag bisa ko saya beberapa kali naik motor

      Hapus
  4. lebih rapi pasti lebih mudah untuk menentukan jenis masakan dan pastinya lebih cepat juga untuk memasak.

    regards


    oxone

    BalasHapus
  5. Emang kadang gitu mbak saya menyepelekan gak dibuat list jadinya ya gitu pas belanja lupa dan keteteran

    BalasHapus
  6. semoga bermanfaat juga untuk yang lainnya

    BalasHapus